Tak Berkategori

Haul Guru Sekumpul Ke-14, Polda Kalsel Gelar Pasukan

apahabar.com, BANJARMASIN – Polisi Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) kembali melakukan gelar pasukan. Kali ini, atensi…

Gubernur Sahbirin Noor mengecek sejumlah alat utama pengamanan milik Polda Kalsel didampingi Kapolse Irjen Pol Yazid Fanani, dan tampak pula Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete. Foto-apahabar.com/Robby

apahabar.com, BANJARMASIN – Polisi Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) kembali melakukan gelar pasukan.

Kali ini, atensi diberikan pada haul akbar Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani yang akrab disapa Guru Sekumpul ke-14, 9-11 Maret 2019.

Gelar pasukan dihelat di lapangan Satuan Brimob Polda Kalsel, Jumat (8/3/2019) pagi. Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani yang memimpin langsung.

“(Gelar pasukan) ini agenda rutin tahunan di wilayah kabupaten Banjar. Mengenang dan menghormati ulama besar KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani yang di masa kehidupan beliau telah dicurahkan untuk kemajuan peradaban dan perkembangan Islam di Kalimantan Selatan,” jelas Yazid.

“Kepada seluruh personel TNI-Polri dan instansi terkait serta relawan masyarakat yang terlibat untuk saling mendukung, menguatkan, terus berkoordinasi satu dengan yang lainnya,” sambung jenderal bintang dua itu.

Ketahui bersama, ujar kapolda lagi, haul mengalami peningkatan dari sisi jumlah jemaah yang hadir.

Baca Juga:Polda Kalsel Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Terkait Pengamanan Haul Guru Sekumpul

Baca Juga:Amankan Haul Guru Sekumpul ke 14, Polda Kalsel Terjunkan 22 Ribu Petugas Gabungan

“Dari tahun ke tahun baik yang datang dari sekitar wilayah Kalimantan maupun dari luar pulau,” ucap dia.

Tentu, akan banyak jemaah yang hadir. Bahkan tak menutup kemungkinan dari luar negeri.

“Tentunya ini berimplikasi kepada peningkatan Hazard (bahaya) dan kerawanan terhadap gangguan Kamtibmas. Sehingga diperlukan kesiapan anggota di lapangan untuk mengantisipasinya.”

Rencana pengamanan, kata Yazid, dilaksanakan selama 3 hari.

Mulai dari 9 -11 Maret 2019. Personel yang dikerahkan, baik dari Banjar maupun TNI serta relawan Haul Guru Sekumpul.

Sejauh in pasukan pengamanan yang telah diterjunkan; Polres Banjar sebanyak 573 personel, Kodim 1006/MTP 400 personel, Satpol PP 550 personel, Damkar 150 personel, PLN 170 personel, BPBD 25 personel, Senkom 20 personel, Relawan kurang lebih 18000 personel.

Khusus dari Polda Kalsel, ada penambah kekuatan sebanyak 775 orang personel. Terdiri dari 420 personel Polda Kalsel, Polresta Banjarmasin 115 personel, Polres Banjarbaru 95 personel, Polres Batola 70 personel, Polres tanah laut 45 personel dan Polres Tapin 30 personel.

Baca Juga:Penting! Biddokkes Polda Kalsel Berikan Tips untuk Jemaah Haul Guru Sekumpul

Baca Juga:Situasi Terkini Jelang Haul Sekumpul 14; Jemaah Mulai Berdatangan

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Fariz Fadhillah