Tak Berkategori

Hasil Swab PCR, Enam Orang Kontak Erat B117di Balikpapan Negatif Covid-19

apahabar.com, BALIKPAPAN – Pasien terpapar virus B117 di Balikpapan terus menjadi atensi pemerintah kota. Kabar baik…

Ilustrasi. Foto-Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Pasien terpapar virus B117 di Balikpapan terus menjadi atensi pemerintah kota.

Kabar baik pun diterima dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang menyebutkan 6 orang kontak erat dengan pasien B117 dinyatakan negatif Covid-19.

Meski begitu bukan berarti enam orang tersebut tidak terpapar B117. Sebab yang baru keluar adalah hasil swab PCR Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan enam orang tersebut diprediksi juga negatif B117.

“Setelah dilakukan penyelidikan tambahan, di Balikpapan alhamdulillah 6 orang keluarga negatif PCR, sehingga prediksi kami jika PCR negatif, maka B117 nya negatif insyaallah," katanya saat press rilis di BSCC Dome, Sabtu (13/03) sore.

Lebih lanjut, wanita yang kerap disapa Dio ini mengatakan Kemenkes terus melakukan penyelidilan epidemologi kasus B117 di Kota Balikpapan. Tim Kemenkes juga terus melakukan sejumlah pemeriksaan bagi pasien maupun kontak erat.

“Ada beberapa pemeriksaan yaitu rapid antigen, rapid antibodi, swab PCR, serum sekuens DNA dan telah dikirim ke Jakarta,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan enam orang tersebut merupakan keluarga dari pasien B117. Mereka juga masih menunggu hasil serum B117.

“Yang enam ini keluarga inti si pasien B117. Hasil swab PCR nya iti negatif, tapi yang B117 belum keluar hasilnya,” tuturnya.

Rizal berharap semua yang kontak erat termasuk si pasien B117 hasilnya negatif, sehingga penularan tidak meluas ke masyarakat kota Balikpapan.

“Akan tetapi pemeriksaan B117 melalui DNA nya harus menunggu dua minggu kemudian, ini belum dua minggu. Mudah-mudahan juga negatif supaya tidak ada yang terkonfirmasi B117 nya,” pungkasnya.