Sport

Hasil Liga Inggris: Dipecundangi Everton, Liverpool Derita Empat Kekalahan Beruntun

apahabar.com, LONDON – Tampil penuh disiplin, Everton sukses mengalahkan Liverpool 2-0 di Stadion Anfield dalam lanjutan…

Tampil cukup solid, Everton mengalahkan Liverpool dalam Derby Merseyside di Stadion Anfield. Foto: Liverpool

apahabar.com, LONDON – Tampil penuh disiplin, Everton sukses mengalahkan Liverpool 2-0 di Stadion Anfield dalam lanjutan Liga Inggris, sekaligus memenangi Derby Merseyside, Minggu (21/2) dini hari.

Everton yang sebenarnya tidak diunggulkan lantaran memiliki sejarah buruk kontrak Liverpool, tampil brilian sejak menit pertama. The Toffees bahkan mampu unggul di menit 3.

Gawang Liverpool yang dikawal Alisson Becker, berhasil dibobol Richarlison dengan memaksimalkan umpan James Rodriguez.

Strategi Everton untuk langsung menekan, cukup sukses membuat Liverpool limbung. Tak cuma lini serang, pertahanan Everton juga tampil apik menghalau setiap serangan.

Liverpool baru memiliki peluang bersih selepas menit 19. Bahkan The Reds memiliki dua kesempatan beruntun di menit 20 dan 21.

Namun kiper Jordan Pickford masih dapat mementahkan tembakan yang dilepaskan Jordan Henderson dan Trent Alexander-Arnold.

Beberapa menit sebelum turun minum, Liverpool melakukan pergantian dini. Kapten Jordan Henderson mengalami cedera hamstring, sehingga digantikan Nathaniel Phillips.

Belum dapat dipastikan kadar cedera yang menimpa Henderson. Namun yang pasti, kondisi ini semakin memperparah krisis Liverpool di lini belakang.

Tidak satu pun bek yang berada dalam kondisi bugar. Virgil van Dijk, Joe Gomez, dan Joel Matip sedang berada di meja perawatan.

Henderson yang sejatinya seorang gelandang, terpaksa diplot sebagai bek tengah dadakan, menyusul cedera Fabinho.

Selepas jeda babak pertama, Liverpool langsung menghasilkan peluang melalui Sundulan Sadio Mane. Namun kembali upaya tersebut dapat dimentahkan Jordan Pickford.

Sekitar menit 70, Jordan Pickord kembali beraksi. Giliran Mohamed Salah yang dibikin kecewa, kendati sudah memiliki ruang tembak memadai di kotak penalti.

Everton yang terus dalam tekanan, justru mendapatkan hadiah penalti di menit 82, menyusul pelanggaran Trent Alexander-Arnold kepada Dominic Calvert-Lewin.

Gylfi Sigurdsson yang maju sebagai eksekutor, berhasil menjalankan tugas, sekaligus membuat Everton semakin nyaman hingga pertandingan berakhir.

Hasil ini membuat Liverpool menelan kekalahan keempat secara beruntun di Liga Inggris 2020/2021. Mereka tertahan di urutan keenam klasemen dengan 40 poin.

Pun posisi mereka hanya satu tingkat di atas Everton dengan poin serupa, tapi unggul selisih gol.

Kekalahan dalam Derby Merseyside juga menyisakan catatan buruk lain untuk Liverpool.

Sekarang mereka telah menderita empat kekalahan berturut-turut di Anfield. Sebelumnya Si Merah ditekuk Burnley dan Brighton 0-1, serta Manchester City 1-4.

Liverpool juga gagal menjaga hegemoni atas Everton dalam satu dekade terakhir. Sebelumnya mereka tidak terkalahkan dalam 23 edisi Derby Merseyside di berbagai kompetisi.