Hasil Liga Champions: Barcelona Terancam Gagal Lolos, Club Brugge Cetak Sejarah

Kegagalan lolos mengancam Barcelona, setelah diimbangi Inter Milan dengan skor 3-3 di matchday keempat grup C Liga Champions 2022/2023.

Sepasang gol Robert Lewandowski menyelamatkan Barcelona dari kekalahan melawan Inter Milan, Kamis (13/10). Foto: CNN

apahabar.com, BARCELONA - Kegagalan lolos mengancam Barcelona, setelah diimbangi Inter Milan dengan skor 3-3 di matchday keempat grup C Liga Champions 2022/2023 di Stadion Camp Nou, Kamis (13/10) dini hari.

Barcelona sedianya unggul lebih dulu di menit 40. Umpan mendatar Sergi Roberto di kotak penalti dengan mudah disontek Ousmane Dembele.

Namun 5 menit babak kedua dimulai, Inter Milan bisa menyamakan skor. Kesalahan koordinasi di pertahanan Barcelona dimanfaatkan Nicolo Barella untuk mencetak gol.

Kembali kesalahan pertahanan Barcelona dimanfaatkan Inter untuk berbalik memimpin di menit 64. Lautaro Martinez yang lepas dari kawalan Eric Garcia, cukup mudah memperdaya kiper Marc-Andre Ter Stegen.

Barcelona sempat mencetak gol di menit 70. Namun hasil kreasi Robert Lewandowski ini dianulir wasit, karena sang pemain dalam posisi offside.

Lewandowski akhirnya benar-benar mencetak gol di menit 81 dan membawa Barca menyamakan kedudukan. Memanfaatkan kemelut di kotak penalti, tembakan Lewandowski berubah arah, setelah terkena kaki Alessandro Bastoni.

Drama terjadi di menit-menit akhir pertandingan. Inter sempat unggul 3-2 berkat gol pemain pengganti Robin Gosens.

Namun Barcelona kembali mampu menyamakan melalui sundulan Robert Lewandowski di menit 90+1, setelah menerima umpan Eric Garcia.

Walau terhindar dari kekalahan, hasil imbang tersebut merugikan Barcelona. Dengan poin 4, mereka tertahan di peringkat ketiga klasemen sementara grup, atau tertinggal 3 poin dari Inter di urutan kedua.

Agar lolos ke babak 16 besar, Barcelona harus memenangi 2 pertandingan sisa. Ironisnya salah satu pertandingan tersisa adalah menghadapi Bayern Munich yang sudah dipastikan menjejakkan kaki di babak selanjutnya.

Sebaliknya Inter hanya membutuhkan 1 poin melawan Bayern di pertandingan terakhir, seandainya mampu menundukkan Viktoria Plzen di matchday kelima.

Sejarah Brugge

Berkebalikan dengan Barcelona, Club Brugge mencatatkan sejarah. Mereka akhirnya lolos ke fase knock out untuk kali pertama sepanjang partisipasi di Liga Champions.

Klub Liga Belgia ini menyegel posisi di babak 16 besar dari grup B, setelah menahan Atletico Madrid dengan skor 0-0 di Stadion Wanda Metropolitano.

Brugge pun mengoleksi 10 poin dan nangkring di puncak klasemen. Mereka minimal lolos sebagai runner up, andai selalu kalah dalam dua pertandingan terakhir.

Sedangkan hasil imbang merugikan Atletico Madrid. Baru mengemas 4 poin, anak asuh Diego Simeone tertinggal 2 angka dari FC Porto di peringkat kedua.

Selain Club Brugge, Napoli juga memastikan lolos ke babak 16 besar, sekaligus memimpin klasemen sementara grup A, seusai menundukkan Ajax Amsterdam 4-2 di Stadion Diego Armando Maradona.

Empat gol Napoli dicetak Hirving Lozano di menit 4, Giacomo Raspadori menit 16, penalti Khvicha Kvaratskhelia di menit 62, dan ditutup gol Victor Osimhen di menit 89.

Sedangkan Ajax hanya bisa membalas melalui gol-gol yang dicetak Davy Klaassen di menit 49, serta penalti Steven Bergwijn di menit 83.

Napoli untuk sementara unggul 3 poin atas Liverpool di peringkat kedua. The Reds sendiri menggasak Rangers dengan skor 7-1 di Stadion Ibrox.

Rangers memimpin lebih dulu di menit 17 melalui gol Scott Arfield 17. Namun selanjutnya mereka menjadi bulan-bulanan Liverpool.

Diawali brace Roberto Firmino di menit 24 dan 55, Liverpool berjaya berkat hattrick Mohamed Salah di menit 76, 80 dan 81, serta Darwin Nunez dan Harvey Elliot yang masing-masing mencetak sebiji gol.

Berikut hasil lengkap pertandingan Liga Champions, Kamis (13/10) dini hari:

Grup A

- Napoli 4-2 Ajax Amsterdam

- Rangers 1-7 Liverpool

Grup B

- Club Brugge 0-0 Atletico Madrid

- Bayer Leverkusen 0-3 FC Porto

Grup C

- Barcelona 3-3 Inter Milan

- Viktoria Plzen 2-4 Bayern Munchen

Grup D

- Sporting CP 0-2 Marseille

- Tottenham Hotspur 3-2 Eintracht Frankfurt