Kalsel

Hari Pertama Pendaftaran CPNS 2019 Masih Sepi, Pelamar Di Banjarbaru Diprediksi 2500 Orang

apahabar.com, BANJARBARU – Hari pertama Pendaftaran CPNS Kota Banjarbaru 2019, terpantau masih sepi. Badan Kepegawaian, Pendidikan…

Suasana lokasi penyerahan dan pemeriksaan berkas adminstrasi oleh panitia seleksi daerah yang berlokasi di halaman Pemko Banjarbaru nampak sepi, Senin (11/11) siang. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah.

apahabar.com, BANJARBARU – Hari pertama Pendaftaran CPNS Kota Banjarbaru 2019, terpantau masih sepi. Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Banjarbaru memprediksi jumlah pendaftar akan capai 2500 orang pada tahun ini.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Banjarbaru Sri Lailana mengatakan, sepinya pendaftar yang menyerahkan berkas untuk diverifikasi karena banyak dari mereka yang datang hanya untuk bertanya sebelum matang menyerahkan berkasnya.

“Kalau yang mendaftar hari pertama paling hanya bertanya seputar CPNS, kebanyakan mereka memantau dulu dari persyaratannya. Misal dari IPK, dia membanding dari kabupaten lain, dan mencari formasi dari latar belakang pendidikan mereka,” ujar Sri Lailana kepada apahabar.com saat ditemui di kantornya. Senin (11/11) sore.

Dia menjelaskan, biasanya lonjakan pendaftar akan terjadi pada hari ke 4 sampai hari terakhir. Karena pada saat itu, pelamar sudah mantap menentukan pilihan dan yakin datang untuk menyerahkan berkasnya ke tempat verifikasi berkas.

“Membludak itu pasti di hari terakhir. Tapi kita sudah mempersiapkan petugas. InsyaAllah nanti pelaksanakan verifikasi berkas bisa berjalan lancar,” tambahnya.

Sri Lailana menerangkan, untuk pendaftar atau pelamar CPNS Banjarbaru 2019 tidak perlu mengkhawatirkan mengenai kemungkinan server down dikarenakan jaringan di Banjarbaru sudah sangat baik.

“Memang kalau pada saat di jam berbarengan mungkin agak lambat. Tapi kalau di Banjarbaru jaringan sudah bagus ya, insyaAllah tidak terjadi down,” terangnya.

Ia pun memprediksi pendaftar CPNS Banjarbaru tahun ini kemungkinan sebanyak 2.500 orang, melihat tahun lalu dengan 96 formasi jumlah yang mendaftar sebanyak 1.405 orang.

“Itu prediksi kami ya, dan kami sudah siapkan petugas keamanan seperti dari Satpol PP Kota Banjarbaru untuk membantu kita diluar juga Tim lain,” ujarnya.

Sedangkan mengenai tes lewat CAT BKN, ia mengatakan masih belum ada keputusan mengenai hal itu, dan sampai saat ini masih didiskusikan.

“Jadi nanti seluruh daerah semua sama menggunakan CAT BKN. Tahun lalu Banjarbaru di fasilitasi BKN, untuk CPNS ini ya kita masih sharing dengan provinsi,” jelasnya.

Mungkin, lanjutnya, nanti pihaknya menunggu rapat lanjutan dikarenakan untuk CPNS 2019 kemungkinan tidak di fasilitasi BKN.

“Karena servernya mungkin. Untuk hasilnya nanti di Desember atau Januari mudah-mudahan sudah ada keputusan apakah melaksanakan sendri atau bagaiman,” ungkapnya.

Untuk diketahui, pemko Banjarbaru membuka sebanyak 188 formasi dengan rincian 99 formasi guru, 27 tenaga teknis dan 62 formasi tenaga medis.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Banjarbaru Sri Lailana. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

Baca Juga:Daftar CPNS, Pelamar Disabilitas Harus Sertakan Surat Rumah Sakit

Baca Juga:Formasi CPNS di HST Segera Keluar, Bupati: Jangan Percaya Calo!

Reporter: Nurul MufidahEditor: Ahmad Zainal Muttaqin