Tak Berkategori

Hari Menanam Pohon Nasional, Bupati Banjar Tanam Pohon Bungur

apahabar.com, MARTAPURA – Memperingati Hari Menanam Pohon Nasional, Bupati Banjar H Khalilurrahman beserta Istri Hj Raudathul…

Oleh Syarif
Bupati Banjar, H Khalilurrahman bersama istri menanam bibit pohon Bungur di halaman Pendopo, Sabtu (28/11). Foto-Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA - Memperingati Hari Menanam Pohon Nasional, Bupati Banjar H Khalilurrahman beserta Istri Hj Raudathul Wardiyah menanam bibit pohon Bungur di Halaman Pendopo Bupati Banjar, Martapura, Sabtu (28/11).

Kegiatan menanam pohon Bungur dan lainnya juga melibatkan perusahaan-perusahaan tambang maupun air minum kemasan di Kabupaten Banjar.

Bupati Banjar, H Khalilurrahman menyampaikan kegiatan menanam pohon adalah bagian dari menjaga kelestarian lingkungan.

"Karena keberadaan pohon sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia, dengan fungsi pohon untuk penurunan emisi gas dan rumah kaca," ungkapnya.

Bupati Banjar kerap disapa Guru Khalil ini berpesan agar masyarakat, agar turut berpartisipasi meningkatkan kepedulian menjaga kelestarian lingkungan, salah satunya dengan menanam pohon dan merawatnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar, Boyke Wahyu Tristiyanto menjelaskan, Hari Menanam Pohon Nasional merupakan kegiatan rutin yang dicanangkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, setiap tanggal 28 November.

"Pada tahun lalu kita menggelar pada Kawasan Lingkar Selatan, dan tahun ini kita melaksanakan penanaman pada 3 titik, yakni Lingkar Selatan, dalam Kota Martapura di Jembatan Kembar, serta Pendopo Bupati Banjar," jelasnya.

Boyke mengungkapkan, memperingatri Hari Menanam Pohon Nasional ini, pihaknya melakukan penanaman bibit pohon Bungur yang usia tanamnya lama, yang dapat dinikmati pada sepuluh hingga dua puluh tahun akan datang.

"Mudah-mudahan peninggalan ini dapat dirawat oleh penurus-penerus kita," harap Boyke.

Ia menambahkan, kegiatan penanaman pohon lebih semarak lagi, karena tutupan lahan kita masih belum menggembirakan, terlebih di daerah tambang.

“Mudah-mudahan ini dapat memacu perusahaan tambang untuk segera melaksanakan reklamasi dan revegetasi," tandasnya.