Pemprov Kalsel

Hadir di Puncak HUT Ke-55 Tabalong, Simak Pesan Paman Birin

apahabar.com, TANJUNG – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau biasa disapa Paman Birin hadir dalam…

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, menerima cinderamata dari Menpan RB Tjahjo Kumolo, dalam acara puncak HUT ke-55 Kabupaten Tabalong. Foto-apahabar.com/Amin

apahabar.com, TANJUNG – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau biasa disapa Paman Birin hadir dalam acara puncak HUT ke-55 Kabupaten Tabalong, Senin (14/12).

Dalam kesempatan itu Paman Birin berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat di Tabalong agar saling bergotong royong dan bekerja sama untuk lebih fokus menghadapi pandemi Covid-19 beserta dampaknya.

“Renungkan dan sadarilah, sesungguhnya berdirinya suatu pemerintahan dan otonomi daerah ditujukan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan menyejahterakan kehidupan mereka,” kata Paman Birin saat memberikan sambutan di acara yang juga dihadiri Menpan RB Tjahjo Kumolo tersebut.

Dijelaskan Paman Birin, di usia 55 tahun ini, jajaran pemerintah daerah harus mampu melakukan langkah-langkah yang tepat, terukur dan sistematis dalam membangun daerah ini agar menjadi lebih maju lagi, termasuk penanganan pandemi Covid-19 dan dampaknya secara agresif.

“Saya kira, Kabupaten Tabalong punya potensi, peluang dan kesempatan yang lebih besar untuk keluar dari dampak pandemi Covid-19, khususnya dalam pemulihan ekonomi, karena pergerakan ekonomi di daerah ini sebagian besar ditopang oleh sektor pertambangan dan perkebunan,” jelasnya.

Jika ekonomi bisa pulih kembali, lanjut Paman Birin, maka pengangguran dan kemiskinan juga akan lebih cepat berkurang.

Khususnya sektor pendidikan, jajaran Pemkab Tabalong, supaya membuat pertimbangan yang matang, termasuk penerapan protokol kesehatan secara ketat, hal itu jika pendidikan tatap muka dilaksanakan sebelum pandemi Covid-19 ini berakhir.

Sementara itu, dalam rangka melangkah ke depan, baik saat pandemi ini maupun pasca-pandemi nanti, Gubernur Kalsel berharap Pemkab Tabalong agar mengoptimalkan potensi yang melimpah ruah di daerah ini.

“Petakan potensi-potensi daerah yang berpeluang untuk dikembangkan dan menarik investasi. Berikan dorongan dan stimulus yang tepat, agar UMKM berkembang dengan cepat dan sekaligus berkualitas, ” pungkas Paman Birin berpesan.