H-4 Lebaran, Bus Tujuan Sumatera Masih Mendominasi Terminal Bekasi

Pemudik di Terminal Induk Bekasi memasuki H-4 lebaran 2023 masih didominasi oleh penumpang bus tujuan keberangkatan Sumatera.

Suasana Terminal Induk Bekasi menjelang H-4 lebaran 2023 (Foto: apahabar.com/Mayyy)

apahabar.com, BEKASI - Pemudik di Terminal Induk Bekasi memasuki H-4 Lebaran 2023 masih didominasi oleh penumpang bus tujuan keberangkatan Sumatera.

Pantauan apahabar.com di lokasi, pukul 10.55 WIB suasana di Terminal Induk Bekasi mulai ramai lalu lalang pemudik.

Sejumlah pemudik terpantau membawa cukup banyak barang bawaan dengan menggunakan tas besar maupun kardus. Empat petugas Dinas Perhubungan pun terlihat tengah berjaga di depan pintu masuk Terminal Induk Bekasi.

Baca Juga: Jelang H-5 Lebaran, Pemudik Sepeda Motor Dominasi Jalan di Bekasi

Kepala Terminal Induk Kota Bekasi, Hermawan mengatakan peningkatan jumlah penumpang baru terlihat pada pemudik tujuan Sumatera.

“Untuk penumpang yang kita lihat untuk wilayah Sumatera yang sudah mulai mencolok. Selebihnya masih normal,” kata Hermawan, di Bekasi, Selasa (18/04).

Dirinya menyebut saat ini kondisi di Terminal Induk Bekasi masih terkendali. Lonjakan arus mudik di prediksi mulai merangkat pasa 19 April 2023.

“(Puncak arus mudik) tanggal 19 April dan juga 20 April nanti. Jadi besok dan hari Kamis yang kita perkirakan,” ujarnya.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Penumpang, Terminal Induk Bekasi Siapkan 50 Bus Tambahan

Dinas Perhubungan Kota Bekasi mencatat pada Minggu (16/04) ada 950 penumpang yang berangkat dari Terminal Induk Bekasi dengan 150 bus.

Sementara pada Senin (17/04) jumlah penumpang mengalami penurunan yakni 895 penumpang yang diberangkatkan dengan 895 penumpang.

Di tempat yang sama, salah satu pemudik tujuan Padang, Desi (37) mengatakan harga tiket saat ini telah mengalami kenaikan dari hari biasanya.

“Sekarang harga tiket 700 ribu, kalau hari biasa 550 ribu,” katanya.

Baca Juga: Sambut Musim Mudik Lebaran 2023, Terminal Induk Bekasi Tingkatkan Fasilitas

Dirinya mengaku sempat kehabisan tiket bus, sehingga baru bisa melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman di H-4 Lebaran.

“Kehabisan tiket bus, harusnya saya mau pesan buat tanggal 15 tapi habis, adanya buat tanggal 18 (April 2023),” ucapnya.