Aktivitas Vulkanik

Gunung Semeru Keluarkan 20 Kali Letusan Siang Ini

Aktivitas vulkanik Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur tercatat mengalami peningkatan sejak pagi hingga siang ini.

Aktivitas vulkanik Gunung Semeru siang ini/Dok PVMBG

apahabar.com, LUMAJANG - Aktivitas vulkanik Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur tercatat mengalami peningkatan sejak pagi hingga siang ini.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat antara pukul 06.00 hingga 12.00 WIB terjadi 20 kali letusan dengan kolom abu vulkanik setinggi 400 meter, Selasa (7/3).

Teramati 20 kali letusan dengan tinggi 200-400 m dan warna asap putih dan kelabu," ujar Petugas Pos Pengamatan Gunungapi Semeru Sigit Rian Alfian dalam laporannya seperti dikutip apahabar.com, Selasa (7/3).

Baca Juga: Kembali Erupsi, Gunung Semeru Muntahkan Lava Pijar Empat Kali

Lebih lanjut, Sigit mengatakan asap kawah teramati intensitas tipis hingga tebal. Hingga saat ini Gunung Semeru masih berstatus siaga atau level 3.

Pada pengamatan periode sebelumnya, antara pukul 00.00-06.00 WIB, Gunung Semeru juga tercatat mengalami erupsi sebanyak 4 kali dengan kolom abu 500 meter dari puncak.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi mengatakan letusan tidak berdampak langsung pada aktivitas warga.

"Tapi warga, khususnya yang berada di kaki Gunung Semeru kami imbau untuk selalu waspada,” ujarnya.

Baca Juga: Gemuruh Erupsi Semeru Pagi ini, Muntahkan Lava Pijar Setinggi 800 Meter

“Apalagi, beberapa hari terakhir wilayah puncak Gunung Semeru mengalami cuaca ekstrem," tambahnya.

Cuaca hujan yang cukup tinggi saat ini, masyarakat diimbau agar mewaspadai potensi banjir lahar, serta awan panas guguran (APG), guguran lava di sepanjang aliran sungai yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru.

Terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan