Nasional

Gubernur dan Wagub Sulteng Terpapar Covid-19, Begini Kondisinya Sekarang

apahabar.com, PALU – Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola dan Rusli Baco Dg…

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola (ke dua dari kanan) didampingi Wakil Gubernur Rusli Dg Palabbi (kanan) saat memimpin rapat evaluasi dan pengawasan realisasi APBD 2019 di Palu, Selasa (28/1/2020). Foto-Antara

apahabar.com, PALU – Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola dan Rusli Baco Dg Palabbi terpapar Covid-19.

Keduanya terkonfirmasi positif Covid-19 Selasa (4/1/2021) lalu.

Menyusul hasil pemeriksaan sampel swab PCR keduanya keluar.

Sampel swab keduanya diambil pada Senin (4/1). Longki dan Rusli rutin melaksanakan pemeriksan swab tiap Senin.

“Sambil menunggu hasil swab PCR keduanya melakukan tes rapid antigen pada Selasa pagi dan hasilnya non reaktif. Pada sore harinya keluar hasil swab PCR positif dengan angka Cycle Threshold (CT) keduanya diatas 35,” ujar Kepala Biro Humas Pemprov Sulteng Mohammad Haris Kariming di Palu, Kamis (7/1/2021).

Meski begitu, virus Covid-19 yang ada ditubuh keduanya, tidak terlalu berisiko besar menularkan kepada orang lain.

Pasalnya, jelas Haris, secara medis, sesuai penjelasan dokter ahli patologi menandakan bawah virus tersebut sudah kurang aktif dan melemah.

Dan ini terbukti ketika istri Gubernur dan Wagub Sulteng menjalani pemeriksaan swab PCR dan hasilnya negatif Covid-19.

Lantas bagaimana dengan roda pemerintahan Sulteng?

“Gubernur dan wakil gubernur bekerja dari rumah menjalankan roda pemerintahan secara virtual. Ini untuk memastikan roda pemerintahan tetap berjalan,” kata Haris.

Untuk itu berbagai pihak agar tidak perlu khawatir apalagi sampai panik terhadap tidak berjalannya roda pemerintah di lingkungan Pemprov Sulteng.

Saat ini , kata Haris, kondisi keduanya sangat baik dan sehat setelah menjalani pemeriksaan medis.

“Keduanya sebelumnya tinggal di kediaman pribadi masing-masing. Namun saat ini menjalani isolasi mandiri di Rumah jabatan Siranindi II di Kota Palu. Keduanya dalam kondisi biasa dan sehat secara medis tanpa merasakan sakit atau keluhan apapun,” tandas Haris.