Gita Savitri Sebut Childfree Bikin Awet Muda, Benarkah?

Gita Savitri secara tak langsung menyebut childfree atau hidup tanpa anak dapat membuat wajah awet muda. Secara ilmiah, benarkah klaim tersebut?

Gita Savitiri dan suaminya memutuskan untuk hidup tanpa anak alias childfree (Foto: Net)

apahabar.com, JAKARTA – YouTuber Gita Savitri alias Gitasav tengah menjadi bulan-bulanan warganet. Pasalnya, dia secara tak langsung menyebut childfree atau hidup tanpa anak dapat membuat wajah awet muda.

Hal itu dia sampaikan saat membalas komentar seorang warganet yang memuji wajahnya awet muda. Alih-alih berterima kasih, Gita malah menyiratkan bahwa itu semua berkat keputusannya yang memilih untuk tak punya anak.

Not having kids is indeed natural anti aging. You can sleep for 8 hours every day, no stress hearing kids screaming. And when you finally got wrinkles, you have the money to pay for botox,” demikian tulisnya.

Adapun balasan itu, bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, berarti, “Tidak punya anak memang anti-penuaan alami. Anda bisa tidur selama 8 jam setiap hari, tidak stres mendengar teriakan anak-anak, dan saat (kulit) akhirnya keriput, Anda punya uang untuk membayar botox."

Namun, apakah klaim Gita yang demikian memang benar adanya? Benarkah childfree ada kaitannya dengan wajah yang awet muda?

Berkorelasi Tidak Langsung

Dokter Spesialis Kecantikan, Abelina Dini Fitria, mengatakan sejatinya childfree dan wajah awet muda tidak berkorelasi. Menurutnya, punya anak bukanlah penyebab utama penuaan, malahan tergolong 'indirect correlation' alias hubungan tidak langsung.

“Enggak bisa dibilang bahwa mengandung dan melahirkan secara langsung bikin kita cepat tua. Bagaimana pun jadi ibu itu mulia, harus kita hormati,” tegas dokter yang juga influencer tersebut.

Abelina menilai perlu ada penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hubungan antara keduanya. Adapun hal yang pasti, faktor stres, rokok, dan vape lah yang lebih berpengaruh terhadap penuaan.

Senada dengan pernyataan itu, Dokter Spesialis Kulit, Darma, menyebut tidak ada hubungan langsung antara memiliki atau tidak memiliki anak dengan awet muda. Satu hal yang memang berkaitan adalah munculnya rasa stres.

“Awet muda karena tidak punya anak itu, tidak (benar). Tentu setiap orang punya problem masing-masing. Selama dia stres, misalnya karena punya anak, dapat mengganggu kulit, membuat cepat menua,” jelasnya,

Secara ilmiah, stres atau pikiran berat bisa memicu hormon negatif pada tubuh. Hal ini berarti, efeknya tak cuma menyerang sistem kekebalan tubuh, namun juga berpengaruh pada respons hormonal ke antioksidan. 

Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang berfungsi memerangi efek negatif radikal bebas. Darma mengatakan senyawa itu bisa melindungi kulit ketika terpapar sinar matahari berlebihan, asap rokok, polusi udara, atau lainnya.

Sebab itu, untuk memiliki wajah awet muda, dia menyarankan agar mengonsumsi makanan yang kaya vitamin E dan antioksidan. Itu lebih baik ketimbang mempermasalahkan childfree yang notabene adalah hak tiap individu.