Kalteng

Giliran Lansia Mandau Talawang Kapuas Divaksin

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kapuas, Kalteng, menyasar warga lanjut usia (Lansia)…

Warga lanjut usia (lansia) Kecamatan Mandau Talawang, Kabupaten Kapuas, saat menjalani vaksinasi Covid-19. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kapuas, Kalteng, menyasar warga lanjut usia (Lansia) di Kecamatan Mandau Talawang.

Camat Mandau Talawang, Mujiono mengatakan jumlah Lansia di kecamatannya ada sebanyak 387 orang, dan yang terdata oleh petugas Puskesmas Sei Pinang baru 213 orang.

Namun dari jumlah Lansia tersebut, baru 10 orang saja yang sudah divaksin, dikarena ketersediaan vaksin tahap 1 dosis pertama hanya untuk 100 orang baik Lansia dan pelayan publik.

“Jadi, jumlah Lansia yang sudah divaksin baru 10 orang dan pelayan publik 80 orang. Sisanya akan kita peruntukan untuk lansia,” kata Mujiono kepada apahabar.com via gawai, Minggu (6/6).

Mujiono bilang, masih rendahnya capaian vaksinasi Lansia di Kecamatan Mandau Talawang pertama, karena jumlah ketersediaan vaksin yang masih terbatas dan banyak lansia yang takut divaksin.

“Kebanyakan para lansia ini takut divaksin, tetapi ini merupakan tantangan bagi kami untuk mengajak mereka agar mau divaksin dengan pendekatan secara humanis,” ujarnya.

Camat Mandau Talawang itu pun berharap kecamatannya segera mendapatkan tambahan vaksin, sehingga semua warga Lansia di wilayahnya dapat divaksin.

“Harapan kami mendapatkan tambahan vaksin, sehingga semua lansia di 10 desa dapat divaksin. Kami pun akan melakukan jemput bola langsung mendatangi rumah-rumah lansia,” pungkas Mujiono.