Politik

Gerindra Buka Pendaftaran Bacalon di Pilgub 2020, Denny Indrayana Tancap Gas!

apahabar.com, BANJARMASIN – Mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Denny Indrayana tancap gas setelah…

apahabar.com, BANJARMASIN – Mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Denny Indrayana tancap gas setelah mengetahui DPD Partai Gerindra Kalsel membuka pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub Kalsel 2020 nanti.

“Tim relawan kita sudah berkoordinasi dengan pimpinan Partai Gerindra,” ucap Denny Indrayana kepada apahabar.com, Sabtu (26/10) pagi.

Mengingat ia masih berada di Melbourne Australia, maka tim relawan akan mewakili mengambil formulir bakal gubernur ke DPD Partai Gerindra Kalsel.

“Diperkirakan Senin nanti tim relawan akan mengambil berkas formulir pendaftaran ke Gerindra Kalsel,” tegas Mantan Staf Khusus Presiden SBY tersebut.

Namun dirinya berjanji secara pribadi akan mengembalikan langsung berkas pendaftaran itu ke DPD Partai Gerindra Kalsel. Persis seperti saat mengembalikan berkas ke DPW Partai NasDem Kalsel.

“Di NasDem kemarin kan seperti itu juga. Saat itu proses pengambilan diwakili adik saya, tapi proses pengembalian langsung saya,” terangnya.

Terkait akankah keputusan DPP Partai Gerindra yang berkoalisi dengan pemerintah akan berimbas terhadap peta politik di Kalsel, ia pun menghormati sikap dan keputusan yang ditentukan partai Gerindra nantinya.

“Ya, kita sangat menghargai sikap partai Gerindra Kalsel nanti,” pungkasnya.

Sebelumnya, DPD Partai Gerindra Kalsel membuka pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub Kalsel 2020, sejak 26 Oktober – 15 November 2019 nanti.

“Hari ini kita mengadakan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) Gerindra Kalsel di Amuntai, sekaligus launching pendaftaran bakal calon kepala daerah se-Kalsel,” ucap Sekretaris DPD Partai Gerindra Kalsel, Ilham Noor kepada apahabar.com, Sabtu (26/10) pagi.

Mekanisme ini tampak berbeda dengan Pilkada Serentak Kalsel 2015 silam.

Di mana kala itu, Gerindra tak membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah. Namun hanya melalui komunikasi politik antara pimpinan partai koalisi pengusung.

Mekanisme ini diperoleh, kata dia, berdasarkan hasil keputusan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

“Pendaftaran sendiri terbuka untuk seluruh putera-puteri terbaik Banua (Kalsel, red),” katanya.

Gerindra memberikan kesempatan yang sama kepada putera-puteri terbaik Kalsel untuk menjadi kepala daerah. Baik sebagai bupati, wali kota, maupun gubernur.

“Intinya terbuka untuk umum, termasuk dari kader partai Gerindra sendiri,” tegasnya.

Ilham mempersilakan kepada kedua nama bakal calon gubernur Kalsel yang santer terdengar belakangan, yakni sang Incumbent Sahbirin Noor, dan Mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Denny Indrayana agar mendaftarkan diri ke partai besutan Prabowo Subianto itu.

Mengingat, keputusan nantinya akan ditentukan DPP Partai Gerindra.

“Bagi yang ingin mendaftarkan diri, silakan datang ke kantor DPC maupun DPD Partai Gerindra,” pungkasnya.

Baca Juga: Pilgub 2020, Gerindra Tunggu Reaksi Paman Birin dan Denny Indrayana

Baca Juga: Jelang Pilgub 2020; Denny Indrayana Tebar Pesona, Gerindra: Belum Tertarik

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Fariz Fadhillah