tanah bumbu

Gerakan Pelayanan KB Serentak Warnai Peringatan Hari Kartini di Tanbu

apahabar.com, ULICBATIN – Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Tanah Bumbu memperingati…

Peringatan Hari Kartini di Tanah Bumbu. Foto-Istimewa.

apahabar.com, ULICBATIN – Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Tanah Bumbu memperingati Hari Kartini ke-143 tahun 2021.

Mengusung tema "Dengan Semangat RA Kartini ke 143, Mari Kita Mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19 Menuju Keluarga Sehat Ekonomi Kuat", peringatan ini turut dirangkai dengan gerakan pelayanan KB serentak di Bumi Bersujud.

Kepala DKBP3A Tanah Bumbu, Hj Narni, menyampaikan salah satu kegiatan dalam peringatan Hari Kartini tahun ini yaitu gerakan pelayanan KB bergerak serentak di seluruh Indonesia.

“Untuk Tanah Bumbu ditargetkan untuk pemasangan kontrasepsi IUD dan Implant sebanyak 78 orang,” ungkap Hj Narni, saat peringatan di Balai Penyuluh KB Kusan Hilir, Rabu (21/4).

Pelayanan kontrasepsi serentak ini dilakukan untuk meningkatkan kesehatan pasangan usia subur dengan cara bisa mengatur dan merencanakan jumlah anak, sehingga bisa tercipta keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

Melalui momen ini pula, Hj Narni berharap remaja putri bisa ikut menjadi generasi perencana, agar mereka memiliki pengetahuan dan mampu bersikap dan berperilaku menyiapkan perencanaan yang matang dalam kehidupan berkeluarga.

Sementara itu, Ketua I TP PKK Tanah Bumbu, Suci Anisa, menambahkan semangat Kartini akan menjadi motivasi bagi para wanita, terutama kader PKK untuk semakin giat dalam membina keluarga, terus memperhatikan pendidikan putra putri, serta menjaga perilaku hidup sehat.

"Perilaku hidup sehat sangat dibutuhkan di tengah masa pandemi seperti sekarang ini. Jangan lupa pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan dan cuci tangan pakai sabun atau gunakan hand sanitizer," pesannya.

Peringatan Hari Kartini turut dihadiri Dharma Wanita Persatuan (DWP), Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Pemerintah Kecamatan Kusan Hilir, Lurah Kota Pagatan dan para Penyuluh KB.