Forum Investasi

Genjot Minat Investor Asing ke Indonesia melalui Forum Investasi

Forum Investasi Seri I sukses digelar di Malaysia. Acara yang menghadirkan investor internasional tersebut bertujuan utama untuk mendorong investasi masuk ke In

Suasana Forum Investasi yang digelar di Malaysia. Foto: Dok. APEC

apahabar.com, JAKARTA - Forum Investasi Seri I sukses digelar di Malaysia. Acara yang menghadirkan investor internasional tersebut bertujuan utama untuk mendorong investasi masuk ke Indonesia.

Termasuk di antaranya juga mendukung kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), hingga investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Forum Investasi (Series 1) di Malaysia ini kami inisiasi guna menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dengan lokal konten untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri Indonesia yang besar dan juga untuk ekspor," kata Budihardjo Iduansjah, Ketua ASIAN, Trade, Tourism and Economics Concil (ATEC) dikutip Senin (27/11).

Baca Juga: EKBIS SEPEKAN: Serba-serbi IKN, dari Sepi Investor Asing hingga Dibayangi Deforestasi

Hal tersebut selaras dengan pengeluaran setiap tahun pemerintah pusat dan daerah lebih Rp1.000 triliun untuk pengadaan barang dan jasa.

Termasuk di antaranya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menyediakan anggaran belanja sebesar Rp500 triliun, sedangkan dari ritel Rp600 triliun. Bagi Budihardjo, hal ini merupakan bagian kecil dari potensi belanja domestik Indonesia.

"Ini adalah kesempatan bagi para investor Malaysia untuk membuka pabrik di Indonesia sehingga barang yang dihasilkan dapat masuk ke e-katalog LKPP karena telah memenuhi persyaratan TKDN sehingga produknya dapat dibeli pemerintah pusat maupun daerah, ujarnya.

"Hal ini tentunya juga akan membutuhkan investasi yang signifikan dalam hal infrastruktur, termasuk jalan, pelabuhan, gudang, dan bandara," imbuhnya.

Baca Juga: Langkah Membumi Festival Perkuat Misi Ekonomi Hijau

Baca Juga: 24 Wirausaha Peduli Lingkungan Ramaikan Langkah Membumi Festival

Budihardjo yang juga Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) ini berkomitmen untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi regional dengan mempertemukan pembuat kebijakan dan investor/pelaku usaha antara Malaysia dengan Indonesia.

Forum Investasi tersebut juga menghasilkan sejumlah inisiasi antara Indonesia dengan Malaysia di antaranya mengenai ketahanan pangan yang melibatkan Badan Pangan Nasional dengan ATEC, mendorong produk Indonesia go global, hingga membentuk kawasan ekonomi khusus UKM agar produk lokal dapat naik kelas.

"Kami berharap Forum Investasi (Series 1) di Malaysia ini dapat menjadi langkah awal dalam rantai pasok produk dari Indonesia dan Malaysia ke kancah ASEAN dan dunia. Ke depannya, kami juga akan mengadakan Investment Forum Series di China, Korea, Jepang, dan beberapa negara produsen lainnya," pungkasnya.

Baca Juga: Jelang Libur Nataru, ASDP Terapkan Radius Batasan Pembelian Tiket

Sebelumnya, Forum Investasi Seri I tersebut terselenggara berkat kerja sama yang melibatkan Tourism, and Economics Council (ATEC) dan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), Kedutaan Besar Republik Indonesia di Malaysia, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM).