Tak Berkategori

Gempa Bumi Guncang Berau Kaltim, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami

apahabar.com, SAMARINDA – Gempa bumi tektonik dilaporkan mengguncang wilayah Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur, Kamis (16/7)…

Gempat di Bulukumba Sulsel dilaporkan tak berpotensi tsunami. Foto ilustrasi: Kompas

apahabar.com, SAMARINDA – Gempa bumi tektonik dilaporkan mengguncang wilayah Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur, Kamis (16/7) siang.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa terjadi pada pukul 10:42:54 Wita, berkekuatan M=4.0. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.85 LU dan 117.39 BT, atau tepatnya berlokasi pada jarak 36 Kilometer (Km) Barat Daya Tanjung Redeb, Kalimantan Timur, pada kedalaman 10 Km," kata Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan Mudjianto, dikutip dari siaran pers Basarnas Kaltim-Kaltara, baru tadi.

Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi itu termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal.

“Akibat aktivitas sesar lokal, yakni sesar Mangkalihat yang berdekatan dengan pusat epicenter,” jelas Mudjianto.

Dari laporan masyarakat, gempa bumi ini sempat dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang di Teluk Bayur, Labanan.

Namun hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Editor: Fariz Fadhillah