Dinas PUPR Kalsel

Ganti LED, Banjarmasin Hemat Ratusan Juta

apahabar.com, BANJARMASIN – Kota Banjarmasin bakal terang benderang. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin…

Pemkot Banjarmasin tetap mempertahankan bentuk Penerangan Jalan Umum (PJU) konvensional. Wali Kota Ibnu Sina kukuh tak mau menggantinya dengan PJU tenaga surya atau solar cell. Foto-apahabar.com/Bahaudin

apahabar.com, BANJARMASIN – Kota Banjarmasin bakal terang benderang.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin sudah menanggarkan Rp25 miliar untuk membayar Penerapan Jalan Umum (PJU) selama setahun.

PUPR bakal terus melakukan penggantian lampu kuning menjadi LED atau Light emitting diod. Targetnya mencapai 15 ribu PJU.

Pemakaian lampu LED disebut bisa menghemat daya dari pembayaran yang sebelumnya Rp1,7 miliar di tahun 2019 menjadi Rp1,5 miliar saja.

“Kan lumayan ada penghematan 200 juta per bulannya,” tutur Kepala Bidang Jalan dan PJU Dinas PUPR Banjarmasin Chandra kepada apahabar.com.

Di tahun ini bidangnya kebagian Rp100 miliar lebih untuk pemeliharaan jalan, dan pemeliharaan penerangan jalan umum.

Sejauh ini, ada 3000 ruas jalan sepanjang 720 km jalan se-kota Banjarmasin yang menjadi tanggung jawab PUPR.

Terlebih tambahnya Pemkot memiliki tiga program unggulan yang ada pada Dinas PUPR kota Banjarmasin, yakni Batarang (Banjarmasin terang), Batajir (Banjarmasin tanpa banjir), dan Batalu (Banjarmasin tanpa lubang).

“Ini adalah upaya pemkot untuk memberikan kenyamanan terhadap masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga: Dinas PUPR Kalsel Kejar Target Pembangunan Jembatan Sungai Lulut

Baca Juga: Dinas PUPR Kalsel Segera Realisasikan Masjid Bambu di Kiram

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah