Ganjar Dukung Anak Muda Majukan Ekosistem Digital Lewat E-sports

Calon presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menilai bahwa e-sports dapat menjadi sebagai lokomotif baru pemanfaatan ekosistem digital yang membawa efek

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti debat perdana Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Foto: ANTARA

apahabar.com, BEKASI - Calon presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menilai bahwa e-sports dapat menjadi sebagai lokomotif baru pemanfaatan ekosistem digital yang membawa efek ekonomi bagi anak muda.

Baginya, e-sports dan olahraga pada umumnya akan menjadi lokomotif baru dalam pemanfaatan ekosistem digital yang memberikan ruang kreatifitas bagi generasi muda yang doyan dengan game.

"Ini menjadi refleksi bagi kita, agar kelak di kemudian hari, anak-anak muda mempunyai ruang yang lebih banyak untuk berkreasi," ujarnya saat menghadiri Tournament Mobile Legend dan Basket 3 on 3 Piala Ganjar-Mahfud di GOR Basket Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (16/12).

Baca Juga: Curhat Ketipu Calo Kerja, Ganjar Malah Jawab Begini

Menurutnya, e-sports saat ini berkembang pesat di Indonesia dan membuka lapangan kerja baru di sektor digital. Secara khusus, Ganjar-Mahfud telah membentuk Tim Pemenangan Muda yang bertugas untuk menampung talenta dan harapan anak-anak muda.

Sejauh ini, pasangan Ganjar-Mahfud juga berkomitmen untuk memperluas cakupan koneksi internet sampai ke pelosok perdesaan agar seluruh rakyat dapat menikmati jaringan internet sehingga persaingan bukan hanya terjadi antar orang dari satu daerah, tetapi dengan penduduk dunia.

"Kami telah berkomitmen untuk menyediakan akses internet gratis sampai ke pelosok desa untuk mendukung program pendidikan dan meningkatkan keterampilan generasi muda," ucapnya.

Baca Juga: Petani Keluhkan Pupuk Langka, Ganjar: Karena Subsidi Dikurangi

Ia menambahkan Ganjar-Mahfud secara konsisten mendukung berkembangnya sarana olahraga, ruang berkesenian, dan ruang kreatif lainnya agar ekspresi anak muda bisa ditampilkan serta dinikmati berbagai kalangan.

"Maka dari itu, diperlukan lebih banyak lagi creative hub di berbagai tempat hingga ke ujung Indonesia. Ini akan membuat anak-anak muda kita mendapatkan tempat berkreasi dan menunjukkan bakat-bakatnya," tuturnya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengugnkapkan industri e-sports dari sisi bisnis berkembang signifikan, baik melalui dukungan sponsor maupun kesempatan berkarier.

“Sejumlah instansi pendidikan sudah mulai memasukkan e-sports ke dalam kurikulum maupun kegiatan ekstra kurikuler. Kami yakin industri ini akan berkembang pesat seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi," tukasnya.