Pemkab Balangan

Gandeng PWI, Dinas Pemuda dan Olahraga Balangan Gelar Pelatihan Jurnalistik

apahabar.com, PARINGIN – Menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Balangan mengelar pelatihan…

Menggandeng PWI, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Balangan mengelar pelatihan jurnalistik, Kamis (12/12). Foto-Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Balangan mengelar pelatihan jurnalistik, Kamis (12/12).

Pelatihan yang digelar di Aula Bappeda diikuti para pemuda yang menjadi anggota organisasi KNPI, PMII, dan IPNU.

Bertugas sebagai narasumber yakni Bendahara PWI Balangan, Sugiannor, yang tercatat sebagai wartawan Harian Mata Banua.

Di hadapan peserta, Sugiannor menjelaskan bahwa jurnalistik merupakan teknik untuk menggali informasi, mengolahnya menjadi berita, sampai proses menyebarkan berita kepada masyarakat.

“Berdasarkan media yang digunakan untuk publikasi, jurnalistik dibagi menjadi beberapa jenis, ada media cetak, elektronik, dan online,” ucap Sugianoor.

Menurut dia, menjadi seorang wartawan harus memiliki wawasan serta kemampuan untuk menulis berita. Di samping itu, wartawan harus memiliki etika yang baik, sehingga bisa dipercaya masyarakat.

Wahyudi, wartawan Radar Banjarmasin, yang juga menjadi narasumber menyampaikan ada banyak manfaat jika seseorang mau menulis.

“Dengan menulis kita bisa menyampaikan pesan. Juga akan mampu mencegah kepikunan, selalu berpikir positif, menuangkan pemikiran dengan tulisan, dan juga memunculkan ide baru,” ungkapnya.

Sekrtaris Dinas Pemuda dan Olahraga Pemkab Balangan, Yus Alwi, berharap pelatihan tersebut dapat membantu mengembangkan kemampuan dan meningkatkan wawasan para pemuda di Balangan.

“Pelatihan jurnalistik bagi pemuda ini kami gelar untuk menyalurkan minat menulis agar nantinya dapat meningkatkan wawasan dan kemampuan hingga bisa menjadi seorang jurnalis atau wartawan yang profesional,” ujarnya.

Baca Juga:BPBD Balangan Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Pulau Sebuku

Baca Juga:Balangan Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM dari Kemenkumham RI

Reporter : Agus Suhadi
Editor : Puja Mandela