Kalsel

Gandeng PCNU Banjar, Disbudpar Siapkan Rp56 Juta untuk Lomba di Hari Santri

apahabar.com, MARTAPURA – Dinas Pariwisata dan Budaya (Disbudpar) Kabupaten Banjar menggandeng PCNU setempat untuk memeriahkan Hari…

Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman, Hj. Maghrisya. Foto-apahabar.com/AHC 15

apahabar.com, MARTAPURA – Dinas Pariwisata dan Budaya (Disbudpar) Kabupaten Banjar menggandeng PCNU setempat untuk memeriahkan Hari Santri 2019. Total Rp56 Juta disiapkan untuk hadiah lomba-lomba yang akan digelar pada 22 hingga 25 Oktober di Alun-alun Ratu Zalecha Martapura itu.

Kasi Kesenian dan Nilai Tradisional Hj. Maghrisya mengungkapkan, pihaknya menggelar 5 lomba di peringatan Hari Santri, di antaranya; Musabaqah Tilawatil Quran, Kirab Santri, pidato Bahasa Arab, serta Festival Maulid Habsy.

“Dari PCNU nantinya akan menampilkan pameran stand pesantren di seluruh Kabupaten Banjar,” ujar Hj. Maghrisya, Senin (14/10).

Disbudpar, sambung Maghrisya, sudah menyiapkan dana pembinaan sebesar Rp56 Juta untuk hadiah para pemenang lomba di setiap ajang perlombaan.

Disbudpar bersama PCNU sudah melakukan rapat pertemuan yang pertama pada Sabtu (12/10) malam. “Nantinya kita akan melakukan rapat lagi, untuk mempersiapkan lebih matang acara tersebut,” ucapnya.

Selain lomba, Hari Santri juga akan diramaikan dengan pawai berkeliling Kota Martapura. “Jadi kami merencanakan agar lebih meriah, pawai tersebut kami selenggarakan pada malam hari,” bebernya.

Puncak dari kegiatan tersebut, lanjut Maghrisya, akan digelar di malam terakhir. “Pada malam itu kita akan mengumumkan siapa saja yang berhasil meraih juara,” ungkapnya.

Peringatan Hari Santri tersebut, harap Maghrisya, bisa menjadi ajang pengembangan kreatifitas santri serta menjadi momen silaturahmi antar santri se-Kabupaten Banjar.

"Harapannya nanti bisa (menjadi silaturahmi santri) se-Kalimantan Selatan,” pungkasnya.

Baca Juga:Dishub Kota Siap Ambil Alih Gedung Cungha Cunghui Banjarmasin

Baca Juga:Mulawarman Peduli, Uriansyah Dapat Kursi Roda

Reporter: AHC 15
Editor:Muhammad Bulkini