Bank Kalsel

Gandeng Bank Kalsel, Pelindo Kucurkan Miliaran Rupiah ke UMKM

apahabar.com, BANJARMASIN – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Banjarmasin menyerahkan bantuan tahap II Program Kemitraan kepada…

Ilustrasi UMKM. Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Banjarmasin menyerahkan bantuan tahap II Program Kemitraan kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebesar Rp2 Miliar.

“Hari ini kita serahkan bantuan kepada 33 orang nasabah,” ucap CEO Pelindo III Banjarmasin Boy Robyanto, Rabu (23/10) pagi.

Bantuan itu bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat kelas bawah.

CEO Pelindo III Banjarmasin Boy Robyanto. Foto-apahabar.com/Robby

“Apalagi pertumbuhan ekonomi perkotaan disokong pelaku UMKM,” bebernya.

Dalam proses penyaluran bantuan, PT Pelindo III Banjarmasin menggandeng Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalsel.

“Selain itu, ini dalam upaya pemberdayaan bank daerah. Pelindo juga menggandeng BPD lain, seperti Bank Jateng,” katanya.

Meskipun ini merupakan program pertama, namun ke depannya, kerja sama antara PT Pelindo III Banjarmasin dengan Bank Kalsel akan terus berlanjut.

“Ke depan kita juga akan mengadakan program pembiayaan. Ini wujud kolaborasi antara Pelindo III bersama bank lokal,” pungkasnya.

Sementara itu, Nasabah Penerimaan Bantuan, Irfansyah mengatakan program ini sangat membantu pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha ke depan.

“Alhamdulillah, ini sangat membantu kita,” kata pedagang sembako asal Hulu Sungai Tengah (HST), Barabai ini.

Program tahun ini dinilai meningkat dibandingkan tahun lalu. Di mana tahun sebelumnya bantuan yang diterima sebesar Rp5 juta, namun sekarang sebesar Rp10 juta.

“Apabila pinjaman sebesar Rp5 juta, maka iuran perbulan sebesar Rp220 ribu. Kalau Rp10 juta, maka pembayaran sebesar Rp450 ribu,” pungkasnya.

Baca Juga: Ombudsman Dukung Aplikasi LAPOR Pemkab Tala, Sukamta: Fokus Pelayanan UMKM

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Kalsel Inisiasi Lahirnya Aplikasi Online Penampung UMKM

Reporter: Muhammad RobbyEditor: Fariz Fadhillah