Kalsel

Gagas Potensi Desa Liang Anggang, Bupati Tala Apresiasi Langkah Kades

apahabar.com, PELAIHARI – Bupati Tanah Laut H Sukamta mengapresiasi rencana besar Kepala Desa Liang Anggang Kecamatan…

Oleh Syarif
Salah satu teknologi tepat guna mesin pengolah tikar purun diperkenalkan Desa Liang Anggang dalam acara penanaman pohon dan rapat koordinasi dengan dunia usaha. Foto-Candra for apahabar.com

apahabar.com, PELAIHARI – Bupati Tanah Laut H Sukamta mengapresiasi rencana besar Kepala Desa Liang Anggang Kecamatan Bati-Bati yang punya gagasan besar untuk memajukan desa melalui pemanfaatan potensi yang ada.

“Hendaknya upaya memajukan desa ini didukung semua masyarakat, BPBD Desa dan stakeholder,” ujar Sukamta di sela Kegiatan Penanaman Pohon dan Koordinasi Antara Aparat Desa dengan Perusahaan, di Kantor Desa Liang Anggang, Kamis (1/10).

Ia menjelaskan Desa Liang Anggang adalah pintu gerbang Kabupaten Tanah Laut. Untuk menuju Tanah Laut, harus melalui Desa Liang Anggang. “Melihat kondisi ini saya mendukung sepenuhnya apa yang digagas kades,” tegas Sukamta.

Mestinya, sebut Sukamta, Desa Liang Anggang sudah lama maju, sebab memiliki potensi alam yang luar biasa.

Karena itu, melalui upaya desa di bawah komando kepala desa, pemerintah daerah mendukung sepenuhnya agar ekonomi dapat berjalan dengan baik serta dapat memaksimalkan potensi yang ada.

“Perusahaan yang ada di Kabupaten Tanah Laut, tentu kita harapkan juga bisa mendukung sepenuhnya. Tidak melulu yang instan berupa uang, tetapi bisa pekerjaan dengan sistem kerjasama melibatkan Bumdes,” ujar Sukamta.

Perlu dipahami membangun desa tidak hanya dibangun pemerintah, tapi partisipasi masyarakat dan perusahaan.

“Bentuk kerjasama itu tidak melulu uang, tetapi pekerjaan seperti angkutan atau katering di perusahaan yang ada di Liang Anggang ini,” tekan Sukamta.

Harapan ini tak lain agar ekonomi masyarakat bisa lebih berkembang dan maju lagi.

Jadi perusahaan yang ada di Kabupaten Tala harus membuka kesempatan agar ekonomi masyarakat sekitar juga bisa berkembang.

Menurutnya penting bagi semua pihak memahami bahwa membangun desa perlu keterlibatan bersama.

Sukamta juga berharap segala rencana bisa berkonsultasi berkoordinasi dengan Pemda, agar semua langkah bisa sejalan.

Terkait penghijauan yang dilakukan desa bersama sejumlah perusahaan, menurutnya, tentu langkah yang baik.

“Mari terus hijau daerah kita agar bumi kita bisa terselamatkan,” tutupnya.

Sementara Kades Liang Anggang Sukiman mengatakan, kegiatan sebagai upaya untuk memantapkan program desa melalui sinergi dengan dunia usaha.

Terlebih saat ini pihaknya telah memiliki badan usaha milik desa (Bumdes) yang bisa bersinergi dengan perusahaan yang ada di Liang Anggang. Sehingga pendapatan desa ada dan bisa menggerakkan roda ekonomi masyarakat.

“Inilah alasan kuat kita untuk melakukan koordinasi dunia usaha yang ada. Agar kita bisa membawa Bumdes berkembang,” katanya.

Bukan hanya itu melalui kegiatan penghijauan juga berupaya agar lahan-lahan kosong di Desa Liang Anggang bisa dimanfaatkan melalui kerjasama perusahaan. Apalagi di Desa Liang Anggang ini banyak lahan-lahan kosong yang dapat dimanfaatkan untuk ekowisata desa.

“Saat ini yang kita rencanakan menanam bibit 7.000 lebih yang disebar di wilayah desa, ” tutup Sukiman.