Kebakaran Depok

Gagal Instalasi Listrik Penyebab Kebakaran Pasar Kemiri Depok

Kebakaran yang terjadi di Pasar Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Kota Depok pada Minggu sore tadi dikarenakan kegagalan instalasi listrik di salah satu lapak.

Sebanyak enam unit damkar diterjunkan untuk memadamkan kobaran api di Pasar Kemiri Depok. apahabar.com/Sofian

apahabar.com, DEPOK - Kebakaran yang terjadi di Pasar Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Kota Depok pada Minggu (26/3) petang menyebabkan puluhan lapak pedagang pasar hangus.

Kepala Seksi Humas Penyelamatan Dinas Pemadam kebakaran (Damkar) Kota Depok, Tessy Haryati menerangkan kebakaran di Pasar Kemiri Muka terjadi disebabkan adanya kegagalan dari instalasi listrik yang berada di plafon.

"Awal mulanya terjadi karena ada kegagalan instalasi listrik di salah satu lapak pedagang, dan itu terjadi di plafon," ucap Tessy saat diwawancarai apahabar.com Minggu (26/3) malam.

Baca Juga: Kabel Listrik Putus Sentuh Bensin Picu Kebakaran di Pondok Bambu

Baca Juga: Pasar Kemiri Depok Membara Jelang Waktu Berbuka

Kegagalan instalasi listrik tersebut menyebabkan terjadinya loncatan api ke plafon. Hal itu yang membuat api berkobar lalu api turun ke bawah. Sejak pukul 17.40 api sudah membakar seluruh lapak para pedagang.

"Api tersebut sudah membakar sekitaran kawasan yang awal mulanya terbakar karena gagal instalasi listrik," ucap Tessy.

Saat proses pemadaman dan evakuasi, pihaknya berhasil mengamankan uang tunai berjumlah sebesar Rp5 juta. Temuan uang tersebut sudah diserahkan kepada pemilik ketika kobaran api tersebut berhasil dipadamkan.

Akibat dari insiden kebakaran tersebut menurut Tessy tidak ditemukan korban luka-luka saat memadamkan api kebakaran. Hal itu disebabkan saat terjadinya kebakaran, lapak pedagang sudah dalam keadaan kosong.