Tak Berkategori

Gagal Duduk Kembali, Anggota DPRD 2014 – 2019 HSS Bakal Dapat Uang Jasa Pengabdian

apahabar.com, KANDANGAN – Bagi anggota DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) yang maju kembali lagi pada…

Anggota DPRD HSS periode 2014 – 2019. Foto–Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Bagi anggota DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) yang maju kembali lagi pada pemilu 2019, namungagal duduk, tak perlu galau. Meski kehilangan status wakil rakyat, mereka dipastikan akan mendapatkan uang pensiun.

“Nanti akan ada uang pensiun, namanya uang jasa pengabdian,” kata Kabag Umum dan Keuangan Sekretariat DPRD HSS Dra Hj Jamilah padaapahabar.com, Selasa (25/6/2019).

Penghitungan uang jasa pengabdian ini, sebut Jamilah, bervariasi setiap wakil rakyat tergantung masa jabatannya. Khusus anggota dewan lewat pergantian antar waktu (PAW) akan mendapatkan lebih sedikit jika dibandingkan mereka yang dilantik sejak 2014 lalu.

Hj Jamilah Kabag Umum dan Keuangan Sekeretariat DPRD HSS ketika ditemui diruang kerjanya. Foto-apahabar.com/Simah

“Jadi pemberiannya nanti setelah mereka berakhir. InsyaAllah di bayar pada bulan Agustus pada saat berakhir masa tugas anggota dewan,” ujarnya.

Dikatakan Jamilah uang jasa pengabdian Rp 1.575.000 per orang berdasarkan tahun lamanya masa kerja pengabdianbaik yang PAW atau yang masih aktif semua dapat.

Mereka yang melaksanakan masa tugas lima tahun, dikalikan 5, jadi Rp 1.575.000 x 5=Rp 7.875.000. Sedangkan untuk pengganti antar waktu di HSS, tak menerima full, tapi dihitung masa baktinya.

Berdasarkan data yang diterima apahabar.com, di DPRD HSS, tercatat ada 5 anggota dewan pengganti antar waktu. Pertama yaitu Fiteri dari Partai Golkar yang menggantikan Sadiun, kedua Hilmi Raji dari PDIP yang menggantikan H Ahmad Yazidi atau H Ateng, ketiga Mardianyah dari PKS yang menggantikan Gazali Rahman, keempat Rasul dari PKPI, yang menggantikan Haidir Sani dan kelimaM Isa Ansari dari PKS yang menggantikan Syamsuri Arsyad (Wakil Bupati HSS sekarang).

Seperti diketahui, tandasnya, dari hasil Pileg 2019, dari 30 kursi di DPRD HSS, 15 kursi akan diisi oleh pendatang baru. Dan 15 lainnya wajah lama.

"Ini sama halnya seperti pada periode 2014- 2019 lalu. 15 wajah baru, 15 wajah lama. Akan tetapi, keterwakilan perempuan menurun, periode sebelumnya 4 orang, periode 2019 -2024 hanya dua orang wakil rakyat perempuan,” pungkasnya.

Baca Juga: Bakal Terima Gaji Ke-13, Honorer DPRD Kalsel Semringah

Baca Juga:Penetapan Kursi Anggota DPRD HST dan Banjarmasin Terancam Ditunda

Baca Juga: Pakaian Harian DPRD Batola Seharga Rp1,3 Juta

Baca Juga: Mengintip Harga Seragam Dinas Anggota DPRD Kalsel, Angkanya Fantastis!

Reporter: AHC01Editor: Aprianoor