Truk pertambangan

Fuso Fighter X Mining Spec Jadi Pilihan Truk Tambang Bermesin Euro 4

Salah satu pilihan medium truck duty di Indonesia adalah truk andalan PT KTB, yakni Mitsubishi Fuso Fighter X Euro 4 Mining Spec.

Fuso Fighter X Mining Spec jadi pilihan truk tambang dengan mesin Euro 4. Foto: apahabar.com/DF

apahabar.com, JAKARTA – Kendaraan operasional pertambangan seperti truk medium duty pasti didesain dengan dimensi besar, daya angkut banyak dan performa yang dapat diandalkan di berbagai medan serta mampu membawa berbagai hasil tambang.

Salah satu pilihan medium truck duty di Indonesia adalah truk andalan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang hadir dengan penampilan baru, yakni Mitsubishi Fuso Fighter X Mining Equipment Version 2 dan Fuso Fighter X Super Long Trip.

"Sebagai Mitra Bisnis Profesional, Mitsubishi Fuso berkomitmen untuk memberikan solusi terbaik bagi konsumen dalam berbagai situasi," kata Nobukazu Tanaka, Presiden Direktur KTB saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Kedua truk Mitsubishi Fuso Euro 4 itu mempunyai spesifikasi untuk bisa memenuhi kebutuhan di sektor pertambangan dengan beberapa penyempurnaan dari Fighter X generasi sebelumnya.

Baca Juga: Keseruan Fuso Driver Gathering 2023, Ratusan Sopir Jajal Truk Euro4

Untuk Mitsubishi Fuso Fighter X Mining Equipment Version 2 hadir membawa beberapa fitur penyempurnaan dengan menawarkan ketahanan, keamanan hingga kenyamanan pengemudi saat berkendara.

Fitur baru yang disempurnakan antara lain ban dengan alur 'lug' yang khsusus digunakan untuk medan off-road dan pertambangan.

Kemudian bumper depan dibuat lebih tinggi dari kompetitor, sehingga cocok untuk area off-road. Sisi kenyamanan sudah dilengkapi kaca film, side visor, dan bumper hitam untuk tampilan yang lebih gagah dan tidak mudah kotor.

Baca Juga: Mitsubishi Fuso Hadirkan Bengkel Siaga 24 Jam dan Depo di Banjarmasin

Sementara itu, Fighter-X Super Long Trip merupakan kendaraan Fuso Medium Duty Truk (MDT) yang dilengkapi dengan tangki bahan bakar ganda, dengan kapasitas maksimal hingga 400 liter.

Dengan demikian, konsumen tidak perlu ragu ketika membawa truk anyar itu lebih jauh untuk sekali pengisian bahan bakar.

Produk anyar yang dijadikan amunisi tahun ini merupakan truk 6×4 atau 10 ban, sehingga dapat dengan mudah serta nyaman untuk digunakan melewati medan off-road.

Spesifikasi lengkap di halaman selanjutnya...

Mitsubishi Fuso Fighter X memiliki jarak sumbu roda alias wheelbase 7.190 mm, dengan panjang keseluruhan sampai dengan 11.935 mm, lebar keseluruhan 2.490 mm, tinggi keseluruhan 2.700 mm, jarak roda depan kiri-kanan 1.925 mm, hingga jarak roda belakang kiri kanan dengan panjang 1.845 mm.

Berat total dari Mitsubishi Fuso Fighter X adalah 7.800 kilogram, sementara maksimum kapasitas adalah 2.600 kilogram.

Model mesin Mitsubishi Fuso Fighter X merupakan 6M60-DAT6 dengan tipe pembakaran empat Langkah oleh bensin yang disemprot langsung lewat secara turbo. Pendinginannya menggunakan injeksi air secara langsung.

Dengan total kapasitas ruang bakar alias isi silinder 7.545 cc, Fighter X menggunakan piston berdiameter 118 mm, dan panjang Langkah turun naik piston 115 mm.

Baca Juga: Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter Siap Diluncurkan di Indonesia

Mesinnya mampu menyemburkan tenaga mencapai 199 ps pada 2.400 rpm, dan tenaga putar piston alias torsi mencapai 880 Nm pada 1.200 rpm.

Terdapat 1 gigi mundur, dan 9 gigi maju pada sistem transmisinya dengan perbandingan rasio gigi 7.400. Koplingnya menggunakan control hidrolik yang dibantu angin.

Kaki-kaki alias sistem peredam kejut depan menggunakan sistem per berbentuk daun.

Sementara itu peredam kejut belakang menggunakan sistem yang kurang lebih sama, hanya di balik dan menggunakan batang jari-jari.

Baca Juga: Jual 38.397 Truk di 2022, Mitsubishi Fuso Yakin Tren Akan Naik pada 2023

Rem Mitsubishi Fuso Fighter X menggunakan sistem udara penuh, dengan aliran sirkuit ganda bertipe baji.

Rem tangannya masih menggunakan beban pegas pada roda belakang, dan rem pembantu dari sisa gas buang knalpot.

Soal harga Mitsubishi Fuso Fighter X dengan 10 ban memiliki kisaran harga dari Rp1,1 miliar- Rp1,3 miliar.