Piala AFF 2022

Filipina Vs Indonesia Digelar di Lapangan Rumput Sintetis, Spasojevic: Kami Harus Adaptasi Lagi

Penggawa Timnas Indonesia Ilija Spasojevic mengatakan timnya akan beradaptasi dengan kondisi rumput Stadion Rizal Memorial yang menjadi venue pertandingan

Ilija Spasojevic saat menjalani sesi latihan Timnas Indonesia di Stadion Rizal Memorial, Filipina. (Foto: dok. PSSI)

apahabar.com, JAKARTA – Melakoni pertandingan terakhir melawan Filipina di babak penyisihan Grup A Piala AFF 2022, Timnas Indonesia harus beradaptasi dari rumput buatan (sintetis) Stadion Rizal Memorial, Manila.

Hal tersebut diungkapkan oleh striker skuat Garuda, Ilija Spasojevic yang mengatakan timnya akan beradaptasi dengan rumput Rizal Memorial Stadium yang menjadi venue pertandingan Indonesia vs Filipina, pada Senin (2/1).

“Di Indonesia, kami tidak biasa bermain di lapangan sintetis. Jadi, kami mesti beradaptasi, tidak ada jalan lain,” ujar Spasojevic usai menjalani latihan di Filipina seperti dilansir dari Antara, Minggu (1/1).

Lebih lanjut, menurut penggawa yang saat ini berseragam Bali United itu, rumput artifisial membuat bola tidak mengalir dengan kecepatan seperti di rumput alami.

Baca Juga: Cetak Gol Kemenangan MU, Ten Hag Puji Marcus Rashford

Oleh sebab itu, para pengawa skuat Merah Putih harus terus membiasakan diri mengontrol bola tersebut meski sebelumnya mereka sudah berlatih di Lapangan C Gelora Bung Karno, yang juga berumput sintetis.

“Cara berlari juga mesti berbeda. Itulah kenapa kami segera berangkat ke Filipina setelah laga melawan Thailand, untuk beradaptasi,” kata Spsojevic.

Sementara itu, hal senada juga diutarakan oleh kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinta. Namun, rekan setim Spaso di Bali United itu yakin skuat Garuda tidak akan kesulitan bertandingan di rumput sintetis.

Hal tersebut lantaran mayoritas pemain sudah pernah berlaga di rumput artifisial, termasuk bermain di Stadion Rizal Memorial yang menjadi markas Timnas Filipina di Piala AFF 2022.

“Jadi tidak ada masalah besar. Meski begitu, kami tetap perlu membiasakan diri,” jelas Nadeo.

Baca Juga: Rekap Hasil Liga Inggris Pekan ke-18: Arsenal dan MU Kompak Menang, Man City Seri

Nadeo merupakan salah satu pemain yang pernah merasakan rumput Stadion Rizal Memorial dalam SEA Games 2019 silam.

Tidak hanya Nadeo, ada juga nama-nama seperti Witan, Asnawi, Saddil Ramdani, Syahrian Abimanyu, dan Egy Maulana Vikri yang juga pernah merasakan rumput Stadion Rizal Memorial.

Duel Indonesia kontra Filipina yang dijadwalkan berlangsung pukul 20.30 waktu setempat atau 19.30 WIB, akan menentukan nasib Indonesia di Piala AFF 2022.

Skuat Merah Putih saat ini menempati posisi kedua klasemen Grup A di bawah Thailand yang unggul selisih gol, meski sama-sama mempunyai tujuh poin.

Hasil imbang cukup untuk mengantarkan Indonesia ke babak semifinal, tapi skuat Garuda berpeluang jadi juara di Grupa A jika berhasil mengalahkan Filipina tergantung hasil laga lain antara Thailand vs Kamboja.