Hot Borneo

Esok, Sirene Warnai Detik-detik Proklamasi di Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Sejumlah kegiatan dirancang untuk mewarnai peringatan detik-detik proklamasi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu…

Ilustrasi armada damkar. Foto-Times Indonesia

apahabar.com, BANJARMASIN – Sejumlah kegiatan dirancang untuk mewarnai peringatan detik-detik proklamasi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (17/8/2022).

Salah satunya dengan menghidupkan sirene dari mobil pemadam kebakaran (damkar) dan ambulans.

Analis Kebijakan Ahli Muda Sub Koordinator Administrasi Pemerintahan Umum Setdako Banjarmasin, Umar mengatakan sirene akan berbunyi selama 3 menit. Dari pukul 10.17 sampai dengan 10.20 Wita.

"Dinas perhubungan (dishub) nantinya berjaga di seluruh ruas jalan. Ketika detik-detik proklamasi dikumandangkan, maka lalu lintas sementara dihentikan," ucap Umar kepada apahabar.com, Selasa (16/8).

Namun, aturan itu tidak berlaku jika penghentian aktivitas lalu lintas membahayakan diri dan orang lain.

“Misalnya ambulans yang mengantar pasien atau pemadam kebakaran yang sedang menjalankan tugas. Kan tidak mungkin dihentikan,” katanya.

Hal tersebut merupakan hasil rapat terakhir armada damkar, dishub, puskesmas serta
Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin.

"KSOP sebagai penanganan wilayah pelabuhan diminta mengimbau ke nakhoda kapal yang bersandar, pada saat detik-detik proklamasi, kapal yang sandar mesti membunyikan klaksonnya," pungkasnya.

Diketahui, Pemkot Banjarmasin akan melakukan upacara pengibaran bendera Merah Putih secara terbatas, dan masyarakat diminta berdiri tegak dengan sikap sempurna untuk menghormati peringatan detik-detik proklamasi.