Darurat Karhutla

Empat Titik Api Karhutla Muncul Hampir Bersamaan di Tapin

Karhutla terjadi di empat Kecamatan di Kabupaten Tapin, Kalselmpada Kamis (31/8). Titik api muncul hampir bersamaan membuat petugas kewalahan.

Oleh Sandy
Karhutla di Desa Masta, Kecamatan Bakarangan, Kabupaten Tapin. Foto - Tangkapan Layar Group Relawan Tapin.

apahabar.com, RANTAU - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di empat Kecamatan di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Kamis (31/8). Titik api muncul hampir bersamaan membuat petugas kewalahan.

Catatan BPBD Tapin, karhutla terjadi di Desa Pulau Pinang, Kecamatan Binuang sekitar pukul 12.30 WITA dengan luas lahan yang terbakar sekitar 2 hektare. Selanjutnya, karhutla terjadi di Desa Tatakan, Kecamatan Tapin Selatan seluas 4 hektare.

Selang 1,5 jam melakukan pemadaman, tim kembali menerima laporan karhutla di wilayah Kecamatan Bakarangan pukul 14.00 WITA.

Baca Juga: Mengenal Keponakan Haji Ciut, Pereli Nasional Asal Tapin Kalsel

Baca Juga: Karhutla Tapin, Kalsel Memakan Korban, Seorang Petani Meninggal Dunia

Setelah api sudah berhasil dipadamkan dan dinyatakan aman, Tim BPBD Tapin menuju Desa Masta, Kecamatan Bakarangan pukul 16.40 WITA. Karhutla di sana mencapai 4 meter dan menjalar hingga mendekati rumah

"Jadi total hari ini kurang lebih 10 hektare lahan yang terbakar," ujar Operator Pusdalops-PB BPBD Tapin, Rahmani dalam laporannya.