Kalteng

Emak-Emak Kapuas Dilatih Menjahit Busana Muslim

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Sejumlah ibu-ibu atau emak-emak di Kabupaten Kapuas, Kalteng, dilatih cara membuat pakaian…

Pelatihan konveksi menjahit pakaian muslim di Kabupaten Kapuas yang diikuti sejumlah kaum ibu-ibu. Foto-apahabar.com/Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Sejumlah ibu-ibu atau emak-emak di Kabupaten Kapuas, Kalteng, dilatih cara membuat pakaian muslim dalam kegiatan bimbingan teknis wira usaha baru industri kecil menengah konveksi pada Kamis (18/11).

Pelatihan program dari Kementerian Perindustrian RItersebut dipusatkan di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Prawita Jalan Sethaji Kuala Kapuas.

Kepala Bidang Industri Dinas Perdagangan Industri Koperasi (Disdagperinkop) dan UKM Kapuas, Ferdinan Junarko, mengatakan peserta yang mengikuti pelatihan merupakan kelompok usaha bersama (KUB) binaan pihaknya.

“Pesertanya merupakan KUB yang memang dibina oleh kita sebagai suatu kelompok usaha kaum ibu-ibu, dalam upaya memberikan pendidikan bagi mereka khususnya peningkatan sumber daya manusia keterampilan menjahit pakaian,” katanya.

Pelatihan konveksi menjahit pakaian muslim tersebut berlangsung selama 5 hari yang diinstrukturi langsung oleh pihak Kementerian Industri bersama LPK Prawita Kapuas.

“Kita Kabupaten Kapuas sangat bersyukur sekali menerima kegiatan ini karena merupakan suatu usaha dari pemerintah dalam hal pemuliham ekonomi di Kapuas,” terang Ferdinan.

Kabid Industri Disdagperinkop Kapuas itu juga berharap pelaku usaha konveksi khususnya wira usaha baru bisa meningkatkan keterampilannya.

“Dalam hal menciptakan produk-produk yang berinovasi dan mampu menjadi produk yang bisa diminati oleh masyatakat,” ujar Ferdinan.

Sementara itu salah satu peserta, Siti Saripah mengaku senang bisa mengikuti pelatihan tersebut. Karena menurut Saripah dirinya sangat terbantu sekali.

“Semoga kami kedepan bisa mengembangkan usaha di bidang konveksi ini. Untuk itu kepada Kementerian Industri kami ucapkan terima kasih,” ucapnya.