Ekspansi Baidu

Ekspansi Bisnis Keberlanjutan, Baidu Siapkan Kendaraan Otonom

Perusahaan teknologi asal China, Baidu selama ini dikenal dengan teknologinya. Kini mereka tengah melakukan ekspansi di sektor otomotif serta smartphone.

Baidu siap kembangkan kendaraan otonom. (Foto: dok. Reuters)

apahabar.com, JAKARTA - Perusahaan teknologi asal China, Baidu selama ini dikenal dengan teknologinya. Kini mereka tengah melakukan ekspansi di sektor otomotif serta smartphone.

Baidu pun disebut akan segera meluncurkan smartphone pertamanya pada pekan depan. Peluncuran tersebut akan dilakukan di markas Baidu di Beijing, China.

Peluncuran produk tersebut diduga kuat sebagai hasil kerja sama antara Baidu dengan Xiaodu, yang telah memiliki pengalaman dalam menciptakan berbagai perangkat.

Mulai dari earphone, tablet, dan televisi. Kerja sama tersebut yang membuat Xiaodu familiar dengan OS yang dikembangkan oleh Baidu.

Baca Juga: Deretan Ponsel yang Menggunakan Pembaruan Android 14 Beta 1, Xiaomi?

Pihak Xiaou disebut tertarik dengan tawaran kerja sama tersebut. Pasalnya, Xiaodu dapat mengembangkan perangkatnya dalam urusan hardware.

Lain halnya dengan sektor otomotif, Baidu akan lebih fokus untuk melakukan pengembangan sistem kendali otonom yang diproyeksikan menjadi sebuah project robo-taxi.

Pengembangan tersebut telah melalui uji coba di Kalifornia pada tahun 2021.

Baca Juga: BYD Sebut Kendaraan Otonom Masih Mustahil Diterapkan Saat Ini

Kendaraan yang telah diuji coba di Kalifornia tersebut berjumlah tiga unit.

Baidu pun telah merasa yakin dengan sistem yang dikembangkan itu mampu menjadi sistem kendali otonom yang handal.

Selain itu, Baidu juga disebut akan mencoba untuk menciptakan mobil listrik, melalui kerja sama dengan Geely.