Ekbis Terpopuler

EKBIS SEPEKAN: Prabowo Genjot Belanja Negara hingga Protes Pengusaha Spa

Sejumlah pemberitaan ekonomi-bisnis (ekbis) dalam sepekan terakhir cukup beragam.

Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto. Foto: Antara

apahabar.com, JAKARTA - Sejumlah pemberitaan ekonomi-bisnis (ekbis) dalam sepekan terakhir cukup beragam.

Berdasarkan rangkuman redaksi apahabar.com, berikut berita terpopuler sepekan terakhir:

1. Prabowo Ingin Tingkatkan Belanja Negara, CORE: Bukan Soal Keberanian!
Prabowo Subianto sedang berjoget dalam acara konsolidasi koalisi partai. Foto: Instagram/prabowo.

Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dalam dialog bersama kadin mengungkapkan butuh orang yang berani untuk mengerek belanja negara hingga 30 persen. Demi menjadikan Indonesia sebagai negara Industri.

Direktur Eksekutif CORE Indonesia, Mohammad Faisal merespons target ambisius Prabowo bukan perihal tentang keberanian. Tapi perlu kalkulasi yang benar.

"Jadi ini bukan masalah berani atau tidak berani. Ini bukan masalah keberanian. Ini kalkulasi yang harus benar," katanya kepada apahabar.com, dikutip Kamis (18/1).

Baca selengkapnya...

2. RUPS PT Batulicin Nusantara Maritim Tunjuk Dirut Baru!
Direktur Utama PT Batulicin Nusantara Maritim Tbk, Maulana Muhammad. Foto: apahabar.com/Ayyubi

PT Batulicin Nusantara Maritim Tbk (BNM) punya direktur utama (dirut) baru. Dia adalah Maulana Muhammad (32).

PT BNM baru saja mengadakan rapat umum pemegang saham (RUPS) luar biasa, Jumat (19/1).

"Jadi dirut yang baru ini milenial," kata Komisaris Utama BNM, Sarman Simanjorang dalam RPUS, di FX Sudirman, Jakarta (19/1).

Baca selengkapnya...

3. Daftar 28 Proyek Gedung di IKN yang Bakal Rampung Agustus 2024
Di Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal didominasi bangunan hunian berkonsep vertikal alias tower. Foto: Antara

Sebanyak 28 proyek gedung di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN) ditargetkan bakal rampung pada Juni 2024. Proyek tersebut terdiri dari 17 proyek gedung dari anggaran negara dan 11 proyek yang didanai investor.

Tenaga Ahli Deputi Bidang Sarana dan Prasarana OIKN Bonie Erwanto menerangkan proyek-proyek gedung tersebut bakal sepenuhnya beroperasi pada Agustus 2024. Seluruh gedung akan terhubung dengan internet pada Juli 2024.

"Sudah dibicarakan panduan Smart City untuk setiap gedung yang akan dipakai pengelola gedung sehingga persyaratan telekomunikasi ke setiap gedung bisa terpenuhi," kata Bonie dalam konferensi pers, Senin (15/1).

Baca selengkapnya...

4. Luhut soal Ledakan Smelter ITSS: Kalau Perlu Dipidankan Saja!
Menteri Marvest, Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: apahabar.com/Ayyubi)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan secara tegas memidanakan smelter yang dimiliki PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel atau ITSS imbas ledakan yang terjadi pada 24 Desember 2023.

"Tidak perlu ragu-ragu, kalau ada yang harus dipidanakan, ya dipidanakan saja. Supaya ke depan tidak terjadi hal-hal yang seperti ini lagi,” kata Luhut dalam keterangan resmi yang dibagikan Selasa (16/1).

Baca selengkapnya...

5. Strategi Dirut PT Batulicin Nusantara Maritim: Ekspansi Pasar!
Direktur Utama PT Batulicin Nusantara Maritim Tbk, Maulana Muhammad. Foto: apahabar.com/Ayyubi

Direktur Utama PT Batulicin Nusantara Maritim Tbk, Maulana Muhammad, yakin kepemimpinannya akan menjadi tonggak penting dalam memajukan perusahaan. Terkhusus dalam bidang pertongkangan dan logistik secara menyeluruh.

"Kita coba capai di tahun 2024 pastinya untuk pertumbuhan pendapatan lebih tinggi lagi," katanya kepada apahabar.com, di FX Sudirman, Jakarta (19/1).

Baca selengkapnya...

6. Kereta Tanpa Rel 'Made in China' Hadir di IKN, Tapi...
Ilustrasi kereta tanpa rel. Foto: autonomous rail rapid transit/Detik

OIKN mengirim sinyal hadirnya kereta tanpa rel di ibu kota Nusantara (IKN). Investor yang menggarapnya kemungkinan besar dari China.

Lantas, kapan sarana transportasi bertekonologi tinggi itu diterapkan? Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN Silvia Halim yakin bakal sesegera mungkin.

"Kami sudah berkomunikasi dengan Kementerian Perhubungan terkait rencana pembangunan kereta tanpa rel," kata dia saat ditemui di Jakarta, Senin (15/1).

Baca selengkapnya...

7. Ancol Siapkan Tiket Masuk Gratis untuk Pengunjung, Cek Tanggalnya
Kawasan pantai Ancol, Jakarta Utara masih dipadati pengunjung, Rabu (27/12). Foto: apahabar.com/Ryan

Awal tahun 2024, Ancol Taman Impian kembali memberikan tiket gratis pada bulan Januari ini. Melalui program Gratis Masuk Ancol masyarakat memiliki kesempatan untuk dapat menikmati rekreasi di area Taman dan Pantai Ancol secara gratis khusus di tanggal 22 Januari 2024.

Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol, Eddy Prasetyo mengatakan dengan tiket gratis ini masyarakat dapat menikmati beberapa area Pantai di tempat wisata di Jakarta Utara ini. Salah satunya Pantai Lagoon, Pantai Festival, dan Beach Poll dengan bermain pasir dan air bersama keluarga.

Baca selengkapnya...

8. Tragedi 98 Hantui Kedekatan Prabowo dengan Barat
Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto. Foto: Antara

Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto mengklaim memiliki kedekatan dengan negara Barat. Kelakar itu disampaikannya di tengah dialog capres bersama Kadin.

Direktur Eksekutif CELIOS, Bhima Yudhistira Adhinegara berpandangan pernyataan Prabowo yang mengku tidak anti Barat cukup kontroversial. Sebab, Prabowo memiliki sejarah masalah dengan negara Barat. Terutama terkait peristiwa tahun 1998.

"Sebenarnya Prabowo punya masalah dengan negara Barat. Terutama ketika 98 ya. Negara-negara Barat kan mereka menjunjung tinggi hak asasi manusia, demokrasi, melihat bahwa sosok Prabowo jauh dari itu," katanya kepada apahabar.com, Kamis (18/1).

Baca selengkapnya...

9. APPBI Bongkar Bahaya Setop Impor Fesyen
Setali Indonesia, Jenama Fashion Lokal dengan konsep ramah lingkungan. Foto: Setali Indonesia

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alphonzus Widjaja, menyoroti keterbukaan industri ritel khususnya dalam sektor fesyen.

Dia menegaskan Indonesia tidak seperti negara tertutup, yakni Korea Utara. Terutama dalam aspek fesyen yang memiliki batasan dan keterbatasan terhadap impor dan aspek-aspek lainnya.

"Karena lifestyle sudah demikian terbuka kecuali kalau negara kita negara tertutup seperti Korea Utara tetapu kita tidak seperti itu," terang dia dalam Konferensi Pers Hippindo di Jakarta, Selasa (16/1).

Baca selengkapnya...

10. Pengusaha Spa Tolak Bisnisnya Dimasukkan ke Sektor Industri Hiburan
Para pelaku industri spa yang tergabung ke dalam Indonesia Wellness Spa Professional Association menolak (IWSPA) menolak dimasukkan sebagai industri hiburan khusus. Foto: apahabar.com/Ayyubi

Para pelaku industri spa yang tergabung ke dalam Indonesia Wellness Spa Professional Association menolak (IWSPA) menolak dimasukkan dalam kategori industri hiburan khusus.

Hal tersebut merespons Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (UU HKPD).

"Spa yang dimaksudkan ke jenis hiburan itu membuat kami kecewa dan membuat kami melihat kembali kementerian yang menaungi kami Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ujar Ketua Umum IWSPA Yulia Himawati saat konferensi pers di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (18/1).

Baca selengkapnya...