Sport

Duel Barito Melawan Persebaya Bakal Ditunda

apahabar.com, JAKARTA – Duel Barito Putera menantang tuan rumah Persebaya Surabaya pada pekan ke-4 Shopee Liga…

Skuat Barito Putera. Foto-apahabar.com/Ahc10.

apahabar.com, JAKARTA – Duel Barito Putera menantang tuan rumah Persebaya Surabaya pada pekan ke-4 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, 15 Juni nanti bakal ditunda.

Pasalnya, PSSI melalui sekretaris jenderal (sekjen) Ratu Tisha Destria meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) menunda pekan keempat Shopee Liga 1 2019 yang akan berlangsung pada 14-16 Juni 2019.

Alasannya, pada periode tersebut bersamaan dengan jadwal uji coba Timnas Indonesia melawan Vanuatu.

Timnas Indonesia sendiri akan memainkan pertandingan berstatus FIFA A Matchday pada 15 Juni 2019 menghadapi Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat.

Lantas, PSSI menugaskan PT LIB menjadwal ulang seluruh pertandingan pekan keempat karena sejumlah pemain dari peserta Liga 1 2019 membela Timnas Indonesia.

Dan Barito Putera sendiri kebagian dua wakilnya di Timnas yakni Evan Dimas Darmono dan Rizky Pora.

Terlepas dari itu, kabarnya, penundaan akan dilakukan hingga akhir Agustus. Sebab, Tisha beralasan Timnas Indonesia butuh dua laga uji coba pada periode FIFA Matchday yang jatuh 3-11 Juni 2019.

Namun, PSSI tak bisa maksimal lantaran di tengah kurun waktu tersebut diselingi Hari Raya Idul Fitri pada 5-6 Juni 2019.

"Jadi, kami terpaksa mengagendakan uji coba melawan Yordania pada 11 Juni dan Vanuatu 15 Juni. Namun demikian, kami ingin sinkronisasi dengan klub tetap terbangun dan kami meminta PT LIB dan seluruh partner untuk memahami hal ini. Untuk menjadwalkan ulang pekan keempat Liga 1 2019,” kata Ratu Tisha seperti dikutip apahabar.com dari bola.com, Senin (03/06/2019).

"Sejauh ini, laporan yang kami terima, masih menunggu dari PT LIB. Kapan akan dijadwalkan ulang dan bagaimana teknisnya,” imbuh Tisha.

Sebelum menjamu Vanuatu, Timnas Indonesia akan menantang Yordania pada 11 Juni 2019. Tisha berharap PT LIB dan semua kontestan Liga 1 2019 mengerti dengan paparan dan alasan yang diberikannya.

Terkait hal ini pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago sudah mendapat kabar jika ada penundaan tersebut.

Namun ia enggan berkomentar banyak. Pasalnya, pihak manajemen katanya belum mendapatkan pernyataan resmi dari PT LIB, selaku operator kompetisi.

“Kalau tidak salah jadwal dirubah. Aku cuma dengan juga begitu. Tapi belum tahu kepastiannya, biar kami tidak salah omong,” ujar Jacksen via whattsapp.

Barito sendiri masih berada di peringkat 17 dengan raihan 1 poin hasil dua kekalahan dan satu kali imbang. Dua kekalahan itu didapat masing-masing saat melawan Madura United (0-1) dan Bhayangkara FC (2-4). Sementara hasil imbang diraih saat menjamu Persija Jakarta (1-1).

Raihan Barito sama dengan Persija dan Persela Lamongan yang meraih poin sama. Persija ada di urutan 16, sedang Persela posisi juru kunci.

Sedangkan posisi puncak masih di kuasai Madura United dan Bali United yang sama-sama mengoleksi poin 9. Kendati demikian Madura unggul selisih gol lebih banyak.

Baca Juga: Setelah Beberapa Kali Gagal, Dandi Bersyukur Akhirnya Bela Timnas U23

Baca Juga: Martapura FC Umumkan Skuad

Reporter: Ahc10
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin