Kalteng

Dualisme Kadin Kalteng, Tugiyo Klaim Jabatannya Belum Berakhir

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Christian Sancho resmi menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi…

Ilustrasi Kadin. Foto-Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Christian Sancho resmi menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng)

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, H Eddy Ganefo, di Palangka Raya, Sabtu (18/7).

Tentu saja hal itu mendapat respon H Tugiyo Wiratmodjo, yang selama ini diketahui sebagai Ketua Kadin Kalteng. “Kadin hanya satu mbak. Dan saya belum berakhir mbak. AD/ART kita selalu disahkan oleh presiden,” kata Tugiyo melalui whatsapp, Senin (20/7).

Menurut Tugiyo, kepengurusan Kadin Kalteng dibawah kepemimpinannya belum berakhir dan masih aktif. Begitu juga dengan kepengurusan di pusat.

Tugiyo mengaku kaget dengan adanya kepengurusan baru Kadin Kalteng. Padahal hingga kini secara hukum, Kadin yang sah, dibawah kepengurusan Ketua Umum Pusat Rosan Perkasa Roeslani.

Bahkan dipertegas dengan surat Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti, kepada gubernur seluruh Indonesia, pada 19 Februari 2020.

Dalam poin kedua surat, menyatakan posisi kelembagaan Kadin sesuai undang-undang Nomor 1 tahun 1987 tentang Kadin dan keputusan presiden Nomor 17 tahun 2010 tentang perubahan AD/ART Kadin.

Kadin dibawah kepemimpinan Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani yang beralamat di Gedung Menara Kadin Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan.

“Sehingga kami minta saudara gubernur untuk mengabaikan adanya organisasi di luar itu yang mengatasnamakan dan menggunakan lambang dan atau logo Kadin Indonesia selain alamat dan logo Kadin Indonesia yang di atas,”tulis Nyalla disurat itu.

Editor: Syarif