Dua Pekan Menjabat, Berikut Trik Kakanwil Kemenkumham Kalsel Cegah Peredaran Narkoba di Lapas

Sejumlah program prioritas diusung Faisol Ali, setelah resmi menjabat Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kalimantan Selatan. 

Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Faisol Ali, ketika memberikan keterangan pers. Foto: apahabar.com/Riyad

apahabar.com, BANJARMASIN - Sejumlah program prioritas diusung Faisol Ali, setelah resmi menjabat Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kalimantan Selatan. 

Faisol Ali menggantikan pejabat lama Lilik Sujandi yang dimutasi sebagai Inspektur Wilayah II Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI.

Dua pekan menjabat, Faisol Ali mengungkapkan sederet visi dan misi sebagai Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel. Terdapat tiga program pelayanan yang diprioritaskan, yakni imigrasi, kemasyarakatan dan hukum.

"Untuk pelayanan imigrasi, kami menargetkan kemudahan proses pembuatan paspor, terlebih untuk mereka yang hendak bersekolah ke luar negeri," papar Faisol, Rabu (18/1).

Faisol juga punya program zero narkoba di lapas maupun rutan, "Kami secara perlahan meminimalisir peredaran narkoba di dalam lapas, terutama lapas khusus narkotika," tambahnya.

Dalam upaya peredaran narkoba dalam lapas, di antaranya dilakukan melalui memperbanyak kehadiran ulama atau pemuka agama. 

"Intinya kami berusaha menyentuh rohani dan hati warga binaan, lalu diingatkan untuk kembali kepada kebenaran dan tidak kembali terjerumus," jelas Faisol.

Di sisi lain, pengawasan terhadap orang dan barang yang keluar masuk di lapas terus diperketat, termasuk untuk pegawai.

"Hal tersebut dilakukan guna menghindari keberadaan barang-barang terlarang seperti handphone. Mereka yang ketahuan langsung diberi sanksi," tandas Faisol.