Nasional

Dua ABK MV Vega Rose Sudah Bisa Dijenguk Tanpa APD

apahabar.com, KOTABARU – Setelah menjalani perawatan intensif, kondisi dua anak buah kapal asing (ABK) di Kotabaru…

Tim medis mengevakuasi seorang pasien menuju Ruang Isolasi Khusus dalam sebuah kegiatan simulasi penanganan virus Corona. Foto-Antara

apahabar.com, KOTABARU – Setelah menjalani perawatan intensif, kondisi dua anak buah kapal asing (ABK) di Kotabaru berangsur stabil.

Sampai hari ini, kedua ABK asal Jawa Tengah itu masih dirawat di sebuah ruangan khusus RSUD Kotabaru.

Meski menjalani perawatan di ruang isolasi, pihak RSUD Kotabaru memastikan kedua ABK berbendera Panama itu negatif corona.

“Dari hasil pemeriksaan hari ini, kedua ABK atau pasien dari kapal asing ini stabil. Suhu keduanya juga normal, yakni 36,5 derajat celcius,” ujar Plt Dirut RSUD Kotabaru, Cipta Waspada, saat dihubungi apahabar.com Sabtu, (15/2) siang.

Eks kepala Dinas Kesehatan Kotabaru ini juga bilang keduanya juga tak lagi merasakan mual, ataupun sesak napas. Mereka sudah bisa dijenguk tanpa Alat Pelindung Diri (APD) atau pakaian robot.

“Ya. Jadi, rencananya besok keduanya sudah bisa pulang. Kami akan menyerahkan mereka ke pihak KKP Kotabaru besok,” pungkas Cipta menutup.

Sementara, Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan atau KKP Kotabaru, Andi Syarif menyambut baik langkah RSUD Kotabaru yang telah melaksanakan rangkaian pemeriksaan dan pengobatan sesuai prosedur.

“Alhamdulillah, keduanya sudah membaik. Mereka hanya dinyatakan Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA),” ujar Andi.

Selanjutnya KKP akan menyerahkan dua ABK tersebut kembali ke pihak Vega Rose di perairan Pemancingan, Kotabaru.

“Kalau besok diserahkan ke kami, maka mereka akan kami kembalikan ke kapal. Tapi, sebelumnya kami akan melakukan pemeriksaan terakhir untuk semua crew yang ada di atas kapal itu besok,” katanya.

Ditambahkan Andi, Itu dilakukan sebelum diberikannya free pratique, sertifikat izin bebas karantina yang diberikan kepada kapal yang datang dari luar negeri dan atau daerah terjangkit.

“Kalau semua sudah aman, mereka beraktivitas kembali, atau bebas dari karantina,” pungkasnya mengakhiri.

MV Vega Rose ini tiba di Kotabaru pada Kamis (13/2) sore. Sandarnya kapal berbendera Panama itu lantaran dua dari puluhan ABK mereka mengalami demam tinggi.

Saat ini, awak MV Vega Rose menjalani karantina di atas kapal. Mereka semua disebut tak boleh menginjak daratan Kotabaru sampai pemeriksaan atas dua ABK-nya rampung.

Kapal ini mendapat atensi khusus dari pihak KKP lantaran terekam pernah menyinggahi daratan China sepanjang Januari kemarin, atau waktu di mana virus corona mewabah di Negeri Tirai Bambu itu.

Dua ABK yang menjalani pemeriksaan medis di RSUD Kotabaru, masing-masing berdomisili di Rembang, Jawa Tengah berinisial RW (24), dan satunya lagi berinisal AB (47) dari Tegal, Jawa Tengah.

Baca Juga:Paman Birin Imbau Warga Tetap Waspada Virus Corona

Baca Juga:Pulang dari Singapura, Pasien di Palangka Raya Terindikasi Corona

Baca Juga:Diisolasi, Tensi ABK Negatif Corona di Kotabaru Naik

Baca Juga:Dua ABK Negatif Corona di Kotabaru 3 Kali Singgah di China

Reporter: Masduki
Editor: Fariz Fadhillah