Drama 5 Gol, Barito Putera Takluk di Tangan Bali United

Bali United meraih kemenangan dramatis 3-2 atas Barito Putera dalam lanjutan Liga 1 2024/2025 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (27/9). Gol kemena

Lima gol mewarnai pertandingan Bali United versus Barito Putera di Stadion I Wayan Dipta, Jumat (27/9). Foto: Barito Putera Official

bakabar.com, GIANYAR - Bali United meraih kemenangan dramatis 3-2 atas Barito Putera dalam lanjutan Liga 1 2024/2025 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (27/9). Gol kemenangan Serdadu Tridatu tercipta di injury time.

Striker Everton Nascimento tampil gemilang. Pemain bernomor punggung 99 itu berhasil menyumbangkan dua gol.

Kedua tim langsung bermain agresif sejak dimulainya babak pertama. Bali United maupun Barito Putera sama-sama mengambil inisiatif serangan.

Memasuki menit 20, Barito melalui Aimar melancarkan serangan seusai mendapat umpan cantik dari rekan setimnya. Namun, bola yang dilepaskan oleh pemain bernomor punggung 71 itu masih melebar ke sisi kiri gawang.

Peluang didapat Serdadu Tridatu di menit 22. Irfan Jaya mencoba memanfaatkan bola liar akibat kemelut yang terjadi di depan gawang Barito Putera. Namun, ia gagal mengeksekusi bola ketika berhadapan dengan kiper.

Berselang dua menit, Irfan Jaya kembali melancarkan serangan. Pemain bernomor punggung 41 itu melayangkan umpan berbahaya di depan gawang Laskar Antasari yang dijaga oleh Satria Tama. Namun, bola berhasil diraih mantan kiper Timnas Indonesia itu.

Bali United akhirnya memecah kebuntuan melalui Everton Nascimento. Berawal dari sepak pojok yang dilakukan oleh Maruoka, Everton sukses menjebol gawang Barito Putera melalui tandukan di menit 27.

Gawang Bali United nyaris mendapat ancaman dari Barito Putera jelang akhir babak pertama. Pemain Barito Putera bernomor punggung 71, Aimar, lepas dari pengawasan lini belakang Serdadu Tridatu.

Sontak, bek kanan Bali United Andhika Wijaya mengadu kecepatan berlarinya dengan Aimar. Beruntung, Andhika berhasil memotong laju bola dan menggagalkan ancaman Aimar.

Momentum apik diperoleh Barito pada menit injury time. Berawal dari sepakan pojok, bola mengenai tangan bek asal Thailand, Elias Dolah, di kotak penalti.

Permainan sempat berlanjut. Namun, Barito Putera melayangkan protes dan meminta VAR checking guna mengetahui kemungkinan penalti. Wasit memutuskan penalti untuk Barito. 

Murilo yang menjadi eksekutor sukses menjebol gawang Adilson Maringa. Permainan berlangsung alot hingga akhir babak pertama. Pertandingan ditutup dengan skor imbang 1-1.

Bali United mendominasi permainan pada awal babak kedua. Mereka terus melancarkan serangan ke jantung pertahanan Barito Putera.

Peluang ciamik diperoleh Bali United di menit 72. Bermula dari umpan berbahaya yang dilayangkan Privat Mbarga ke tengah kotak penalti, bola kemudian disambut oleh Everton. Sayang tembakannya melebar ke sisi kanan gawang.

Peluang emas bagi skuad Serdadu Tridatu akhirnya tiba. Umpan berbahaya yang dilayangkan Made Tito mengenai kaki pemain belakang Barito Putera pada menit 80. Bola yang melayang di udara sukses dieksekusi oleh Privat Mbarga melalui tandukan.

Tertinggal satu gol tak membuat Laskar Antasari patah arang. Mereka meningkatkan intensitas serangan ke gawang Bali United. 

Barito melayangkan umpan berbahaya ke gawang Bali United pada menit 89. Bek tengah Bagas Adi membuat gol bunuh diri setelag bola mengenai kepalanya. Kedudukan sama kuat 2-2.

Serdadu Tridatu berupaya membalas lewat serangan balik pada saat injury time. Yabes Roni memberikan umpan berbahaya ke arah gawang tim asal Banjarmasin itu.

Penyerang sayap kiri, Privat Mbarga, lalu meneruskan umpan kepada Everton. Lagi-lagi dia berhasil mencatatkan namanya di papan skor lewat tandukan. Skor 3-2 untuk Bali United.

Tak berselang lama, wasit meniup peluit panjang guna mengakhiri babak kedua. Laga berakhir dengan kemenangan Bali United 3-2 atas Barito Putera.