PLN UIKI Kalselteng

Dorong Pariwisata, PLN Bangun Dermaga di Kampung Hijau Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Ikut mendorong meningkatkan Pariwisata di Kota Banjarmasin, PT PLN (Persero) membangun dermaga representatif…

Oleh Syarif
Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina bersama Senior Manager Komunikasi dan Umum PLN UIW Kalselteng, Sigit Fanani melakukan pemukulan pancang kayu dermaga untuk groundbreaking dermaga Kampung hijau. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Ikut mendorong meningkatkan Pariwisata di Kota Banjarmasin, PT PLN (Persero) membangun dermaga representatif untuk wisatawan Kampung Hijau, Sungai Bilu.

Dermaga wisata itu merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng).

Senior Manager Komunikasi dan Umum PLN UIW Kalselteng, Sigit Fanani mengatakan alasan dipilihnya Kampung Hijau sebagai penerima manfaat TJLS PLN untuk memajukan wisata sungai yang ada di Kota Banjarmasin.

Ia berharap, kontribusi PLN dapat mendorong ekonomi masyarakat melalui pariwisata dengan bantuan fasilitas yang dimiliki.

“Sebab, Banjarmasin ini kan dikenal sebagai Kota Wisata Sungai, termasuk Kampung Hijau, jadi dengan dibangunnya dermaga ini banyak yang berkunjung, dan otomatis dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat," ucapnya dalam serimoni peresmian dermaga, Rabu (29/6).

Dermaga dengan luas 40 meter persegi itu bakal rampung paling lambat satu bulan setengah. Untuk membangun dan membantu Usaha Mikro Kecil (UMK), PLN mengeluarkan anggaran kurang lebih Rp 200 juta.

"Kita juga memberikan pendampingan bagi pelaku UMK disini, khususnya pengrajin kerupuk udang untuk mendapatkan sertifikasi halal agar produknya bisa lebih diterima lagi di masyarakat," tambahnya.

Selain mendukung infrastruktur, PLN juga turut memberikan pendampingan terhadap pelaku UMKM di Kampung Hijau untuk mendapatkan sertifikasi halal.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina pun menyampaikan apresiasinya pada PLN Kalselteng atas inisiasi dermaga untuk Wisata Kampung Hijau.

Ibnu mengatakan adanya dermaga ini bakal daya tarik tersendiri bagi pengunjung, dan akan meningkatkan perekonomian bagi masyarakat sekitar, khususnya pelaku usaha mikro kecil.

Dia berharap, setelah adanya pembangunan dermaga wisata ini keasrian Kampung Hijau, tetap dijaga, termasuk pohon Rambai yang ada tidak ditebang melainkan menyatu dengan desain dermaga.

“Kami mengucapkan terima kasih, semoga pembangunannya bisa berjalan cepat agar masyarakat juga segera bisa memanfaatkan fasilitas yang dibangun," tandas Ibnu Sina.

Acara tersebut juga diwarnai pemukulan pancang kayu dermaga untuk groundbreaking secara resmi dilakukan langsung oleh Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, menandai dimulainya pengerjaan dermaga wisata di lokasi tersebut.

Pihaknya berharap, ketika Dermaga sudah rampung, bisa Diresmikan langsung oleh General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng), Tonny Bellamy.