Dongkrak Produksi Padi, Tabalong Bangun Saluran Irigasi di 10 Kecamatan Tahun Ini

Tahun ini sejumlah saluran irigasi dan pintu air kembali dibangun Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Jajaran Dinas PUPR Tabalong mensosialisasikan pekerjaan yang bakal dibangun di depan para camat dan kepala desa. Foto - apahabar.com/Muhammad Al-Amin

apahabar.com, TANJUNG - Dongkrak produksi padi, Pemkab Tabalong segera membangun sejumlah saluran irigasi.

Tak hanya saluran irigasi, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tabalonga, Pemkab Tabalong juga membangun pintu air.

Rencananya, pengerjaan saluran irigasi dan pintu air itu dilakukan tahun ini. Tersebar di 10 dari 12 kecamatan di Tabalong.

Kepala Dinas PUPR Tabalong, Wibawa Agung Subrata, melaui Kabid Sumber Daya Air, Iwan Romaidi mengatakan, pembangunan tersebut untuk mendukung peningkatan produksi padi.

Untuk wilayah Kecamatan Kelua ada tiga pembangunan saluran irigasi, tepatnya di Desa Paliat.

"Kemudian pembangunan pintu air dan pembangunan saluran pembuang DIR Ampukung," katanya, Senin (14/8).

Di Desa Surian RT 3-5, Kecamatan Haruai, Dinas PUPR membangun saluran irigasi. Sementara pembangunan tanggul ada di Desa Hayup.

"Sedangkan di Kecamatan Muara Harus berupa pembuatan saluran irigasi Desa Mantuil, ini merupakan lanjutan," ungkap Iwan.

Selanjutnya di Kecamatan Upau berupa pembangunan saluran untuk cetak sawah Masingai II RT 5 dan 13 (lanjutan). Lalu pembangunan pintu air Desa Masingai II RT 01.

Di Kecamatan Bintang Ara ada pembangunan saluran baruh besar di Pujung.

"Untuk Kecamatan Tanjung terdapat 2 pembangunan yaitu, pembangunan saluran irigasi Desa Pamarangan Kiwa dan rehabilitasi atau pemeliharaan pintu air Desa Sei Pimping RT 04," beber Iwan.

Iwan menambahkan untuk Kecamatan Muara Uya terdapat rehabilitasi saluran irigasi di Desa Kupang Nunding RT 01.

Selanjutnya Kecamatan Jaro juga dilakukan rehabilitasi saluran irigasi di Desa Muang RT 03. Selain itu rehabilitasi saluran di Desa Namun RT 7.

Di Kecamatan Pugaan berupa pembangunan pintu air di Desa Sungai Rukam 2 di Baruh Tigarun.

"Sedangkan di Kecamatan Banua Lawas terdapat rehabilitasi pintu air di Desa Banua Rantau RT 07 dan pembangunan tanggul di Desa Bangkiling," tutur Iwan.

Menurut Iwan, kegiatan tersebut saat ini masih dalam proses lelang dan ada juga menunggu penandatangan kontrak.

Untuk rencana pembangunan di wilayah Kelua dan Jaro semuanya telah selesai lelang. Itu termasuk pula pembangunan pintu air di Desa Masingai II. Dalam waktu dekat segera dikerjakan.

"Sedangkan yang lainnya masih proses lelang. Kegiatan ini juga telah di sosialisasikan kepada para camat dan kepala desa," tandas Iwan.

Baca Juga: Piala Wabup HSS, Tim Beregu Tenis Tabalong Raih Juara Dua