Sport

Dominan Sejak Latihan Bebas, Max Verstappen Raih Pole Perdana GP F1 2021

apahabar.com, SAKHIR – Pole perdana Formula 1 (F1) 2021 menjadi milik Max Verstappen. Pebalap Red Bull…

Mac Verstappen meraih pole perdana Formula 1 2021 di Sirkuit Sakhir, Foto: Getty

apahabar.com, SAKHIR – Pole perdana Formula 1 (F1) 2021 menjadi milik Max Verstappen. Pebalap Red Bull Racing ini mengalahkan Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas.

Dalam sesi kualifikasi Formula 1 GP Bahrain 2021 di Sirkuit Sakhir, Minggu (27/3) dini hari, Max Verstappen mampu mengalahkan catatan waktu Bottas ketika pertama kali turun di Q3.

Valtteri Bottas lantas mencoba memperbaiki catatan waktu di menit-menit akhir kualifikasi. Namun akhirnya Max Verstappen mampu meraih pole dengan catatan waktu 1 menit 28,997 detik.

Hasil kualifikasi ini melengkapi penampilan apik Max Verstappen yang selalu membukukan waktu tercepat sejak latihan bebas pertama hingga ketiga.

Sementara Valtteri Bottas membukukan 1 menit 29,586 detik di posisi ketiga. Sedangkan juara bertahan Lewis Hamilton akan start di posisi kedua dengan catatan 1 menit 29,385 detik.

Melengkapi posisi lima besar kualifikasi perdana musim 2021 adalah Charles Leclerc. Pebalap Ferrari ini mampu mengalahkan Pierre Gasly dari Scuderia Alpha Tauri Honda di posisi kelima.

Daniel Ricciardo, Lando Norris, Carlos Sainz, Fernando Alonso, dan Lance Stroll berada di posisi keenam hingga kesepuluh.

Sebastian Vettel yang melakoni debutnya di Aston Martin cuma start dari posisi 18. Sedangkan juara dunia F2, Mick Schumacher, memulai balapan dari urutan 19.

Balapan terakhir di Bahrain sendiri dimenangi Sergio Perez dari Racing Point. Ini sekaligus kemenangan perdana Sergio Perez yang berkarier di Formula 1 sejak 2011.

Sebaliknya Max Verstappen gagal menyelesaikan balapan. Penyebabnya mobil dikemudikannya menghantam pagar pembatas di tikungan empat lap awal, setelah terimbas senggolan mobil Charles Leclerc dan Sergio Perez.

Sesi puncak GP Bahrain 2021 dipentaskan, Minggu (28/3), serta disiarkan langsung melalui Fox Sports dan live streaming melalui vidio.com mulai pukul 23.00 Wita.