Tak Berkategori

Ditlantas Polda Kalsel Sambangi SMAN 4 Banjarmasin, Ini yang Dilakukan

apahabar.com, BANJARMASIN – Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Selatan kembali gelar Kampanye Milenial Road Safety Festival…

Ditlantas Polda Kalsel Kampanyekan Milenial Road Safety Festival di SMAN 4 Banjarmasin, Senin (21/1).foto-apahabar.com/Eddy Andriyanto

apahabar.com, BANJARMASIN – Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Selatan kembali gelar Kampanye Milenial Road Safety Festival ke sekolah-sekolah sebagai upaya menekan kasus kecelakaan yang melibatkan remaja dan muda-mudi.

Kali ini, rombongan polisi Lalu Lintas yang dipimpin oleh Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Kalsel AKBP Nina Rahmi, menyambangi SMAN 4 Banjarmasin, Jalan Teluk Tiram Darat, Kelurahan Telawang Banjarmasin, Senin (21/1).

Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Kalsel AKBP Nina Rahmi, yang turut ikut dalam kampanye tersebut mengatakan, bahwa kegiatan yang diinisiasi Ditlantas Polda Kalsel itu bertujuan untuk menekan angka kasus kecelakaan lalu lintas di banua.

Baca Juga: Raperda Pengelolaan Perparkiran Menunggu Disahkan

“Hal ini tentu sangat miris. Apalagi menurut data kami, banyak kasus kecelakaan yang sampai berakhir fatal, yang dialami remaja dan anak-anak muda ini,” kata AKBP Nina Rahmi saat ditemui Wartawan Apahabar.com di ruang kerjanya.

Nina juga membenarkan bahwa target kampanye tersebut memang menyasar kaum milenial. “Kami sampaikan kepada generasi muda pentingnya memiliki SIM, apa pentingnya memakai helm saat naik motor, kendaraan harus sesuai dengan undang-undang yang berlaku, dan sanksinya apa jika melanggar,” tutur Nina.

Dia juga menambahkan, Milenial Road Safety Festival merupakan terobosan guna mengajak dan memberdayakan generasi muda untuk taat dan patuh hukum dan diharapkan terwujudnya budaya tertib berlalu lintas pada kalangan milenial, sebagai gerakan nasional yang cinta bangsa dan berlalu lintas.

"Harapannya angka kecelakaan menurun dan tidak lagi ada korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas," ucap Nina.

Berdasarkan catatan Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel, dari 338 korban meninggal dunia kecelakaan yang terjadi sepanjang 2018 lalu, 95 diantaranya merupakan kalangan milenial atau anak muda.

Jika menilik tahun 2017, angka tersebut memang mengalami penurunan. Tapi untuk jumlah korban dari kaum muda-mudi, angka itu justru mengalami lonjakan. Bayangkan saja, usia produktif 20 tahunan sebagai penyumbang terbanyak korban laka di Kalsel.

Berangkat dari itu, Nina Rahmi berjanji akan selalu mengkampanyekan Milenial Road Safety Festival tersebut di berbagai even dan kesempatan.

Sekedar diketahui, Milenial Road Safety Festival digelar pada 2 Februari - 31 Maret 2019 mendatang. Puncak kegiatan akan digelar pada 17 Maret 2019 bertempat di area car free day di tepi sungai Martapura. Kegiatan akan diisi dengan Free style, senam kolosal, jalan sehat, dan safety riding.

Baca Juga: Pelaku Perusak APK Diancam Denda Rp24 Juta

Reporter: Eddy Andriyanto