Prabowo-Gibran

Ditanya Soal Gibran, AHY: Seluruh Ketum di Koalisi Indonesia Maju Sepakat Dukung

Ketua Umum Demokrat AHY menyatakan keputusan menunjuk Gibran sebagai cawapres adalah kesepakatan bersama. Koalisi saat ini akan fokus pada pendaftaran ke KPU.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Foto:Nandito

apahabar.com, Jakarta- Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY mengatakan keputusan menunjuk Gibran sebagai cawapres adalah kesepakatan bersama Ketua Partai dalam Koalisi Indonesia Maju. 

AHY mengatakan saat ini koaisi akan fokus pada tahapan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (25/10).

"Jadi seluruh Ketua Umum di Koalisi Indonesia Maju menyatakan dukungan kepada Mas Gibran sebagai cawapres, dan kita akan segera mempersiapkan pendaftaran ke KPU," kata AHY sebelum bertolak dari kediaman Prabowo, Minggu (22/10) malam. 

AHY enggan berkomentar ihwal keputusan memilih Gibran sebagai cawapres di tengah status Wali Kota Solo itu sebagai kader PDIP.

"Maaf untuk itu saya nggak bisa komentar," katanya.

Baca Juga: Tanpa Deklarasi, Zulhas Sebut Prabowo-Gibran Langsung Daftar ke KPU

Seperti diketahui, hingga hari ini Gibran belum mundur secara resmi dari partai besutan Megawati Soekarnoputri itu.

Sebelumnya pada Selasa (17/10) lalu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dijadwalkan akan bertemu Gibran. Namun pertemuan itu urung terwujud karena bentrok dengan deklarasi Mahfud MD sebagai cawapres dari Ganjar Pranowo.

Seperti diberitakan sebelumnya, Koalisi Indonesia Maju resmi mengumumkan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres pendamping Prabowo. 

"Kita telah berembuk secara final, secara konsesus, seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres," kata Prabowo Subianto, Minggu (22/10).

Prabowo mengatakan pendaftaran ke KPU akan dilakukan pada Rabu (25/10) mendatang.

Dalam pengumuman cawapres yang berlangsung di rumah Prabowo, Jalan Kartanegara, Jakarta Selatan itu, tampak dihadiri seluruh ketua umum partai yang tergabung dalam KIM.

Baca Juga: Deklarasi Prabowo-Gibran di Bekasi, Gerindra Bantah Soal Jokowi Effect hingga Dinasti Politik

Dengan resminya deklarasi Prabowo-Gibran,  maka saat ini ada tiga kandidat pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan mengikuti Pilpres 2024.

Dua pasangan calon saat ini sudah resmi mendaftar ke KPU, yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar.