Disnakertrans Latih 112 Pencari Kerja di BLK Kotabaru

Sebanyak 112 pencari kerja di Kotabaru kembali mendapatkan pelatihan berbasis kompetensi oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) di BLK

Oleh Masduki
Ratusan pencari kerja antusias ikuti pelatihan di BLK Kotabaru. Foto: Pemkab Kotabaru

apahabar.com, KOTABARU - Sebanyak 112 pencari kerja di Kotabaru kembali mendapatkan pelatihan berbasis kompetensi oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) di Balai Latihan Kerja (BLK).

Pelatihan kali ini dibiayai APBD Kotabaru 2023, dibuka secara resmi oleh Asisten II Sekda, disaksikan Ketua DPRD dan Plt Kepala Balai Latihan Kerja.

Plt Kepala Balai Latihan Kerja Kotabaru Pebriyanta Sitepu, mengatakan tujuan pelatihan ini memberikan bekal dan ketrampilan kerja berbasis kompetensi kepada pencari kerja.

"Pelatihan itu muaranya supaya para pencari kerja menjadi calon tenaga kerja yang kompeten dan mampu bersaing di pasar kerja," ujar Pebri, Rabu (15/2).

Menurutnya, kegiatan pelatihan akan berlangsung selama kurang lebih 1 bulan dengan metode pelatihan, 25 persen teori di dalam kelas dan 75 persen praktik di workshop kejuruan masing-masing.

Untuk materi pelatihan dari kejuruan umum yakni Pembinaan mental, dan disiplin disampaikan oleh personel Kodim 1004/Kotabaru.

"Nah, untuk pengetahuan bidang ketenagakerjaan dari Disnakertrans, dan Materi pengetahuan tentang dunia kerja di perusahaan akan diberikan oleh beberapa perusahaan yang ada di Kotabaru," terangnya.

Sebagai informasi, jumlah target peserta pelatihan 2023 ini sebanyak 112 orang terdiri dari kejuruan pelatihan, teknis las 16 orang, teknik listrik 16 orang, otomotif 16 orang, komputer administrasi 32 orang, serta menjahit pakaian 32 orang.