Pemkab Tabalong

Dinas PUPR Tabalong Terus Genjot Pembangunan Jembatan Box Culvert

apahabar.com,TANJUNG – Jembatan ulin di jalan-jalan Kabupaten Tabalong kondisinya kini mulai rusak termakan usia. Seperti yang…

Pekerja sedang membangun jembatan darurat untuk pengendara roda dua di perbatasan Padangin-Lukbayur. Foto – apahabar.com/Muhammad Al Amin.

apahabar.com,TANJUNG – Jembatan ulin di jalan-jalan Kabupaten Tabalong kondisinya kini mulai rusak termakan usia. Seperti yang ada di jalan kabupaten di Desa Tantaringin, Desa Padangin, Muara Harus, Gumuk Kelurahan Jangkung, Tanjung dan Desa Binturu-Kelua.

Terkait kerusakan tersebut di tahun ini Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas PUPR menggantinya dengan jembatan box culvert. Proses pergantiannya sudah berjalan melalui pihak ketiga.

Untuk pembangunan box culvert di Desa Tantaringan sudah dikerjakan. Pun demikian dengan box culvert di Desa Binturu dan Gumuk juga telah rampung, saat ini tinggal menunggu cor beton kering dan finishing.

“Jika usia cor beton kering tercapai, maka jembatan-jembatan tersebut bisa dilalui pengendara,” kata Kepala Dinas PUPR Tabalong, Wibawa Agung Subrata melalui Kabid Bina Marga, Sunengsi, baru-baru tadi.

Sementara itu, untuk jembatan box culvert di Desa Padangin, Muara Harus, saat ini masih proses untuk dikerjakan.

“Dalam waktu dekat segera dikerjakan, sehingga nantinya makin memudahkan warga mengangkut hasil kebun dan pertanian di sana,” beber Sunengsi.

Sebelumnya, tiga jembatan ulin di Desa Luk Bayur dan Desa Padangin, juga diganti box culvert di tahun ini.

“Saat ini, untuk lokasi di Perbatasan Padangin-Harus telah dilakukan pembongkaran, sedangkan yang di perbatasan Padangin-Luk Bayur dalam tahap pembuatan jembatan darurat,” beber Sunengsi

“Sementara untuk box culvert di sekitar wilayah makam Wali Salam juga segera dikerjakan oleh kontraktor pemenang lelang,” pungkas Sunengsi.