Dinas Pendidikan HST Gelar Persami Sekolah Dasar

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari dan dilaksanakan serentak di seluruh kecamatan di HST tersebut diikuti sebanyak 193 Satuan Pendidikan jenjang SD.

Penampilan Pentas Seni dalam acara Perkemahan Sabtu-Minggu di SMPN 3 HST. Foto: Dok. Disdik HST

apahabar.com, BARABAI- Dinas Pendidikan Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) jenjang Sekolah Dasar (SD) Se-Kabupaten, pada Sabtu hingga Minggu, 9-10 September 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari dan dilaksanakan serentak seluruh kecamatan di HST tersebut diikuti sebanyak 193 pelajar SD.

Kepala Dinas Pendidikan HST, Muhammad Anhar menjelaskan bahwa kegiatan Persami dilaksanakan sebagai upaya dalam mengakselerasi implementasi kurikulum Merdeka bagi peserta didik jenjang SD di Kabupaten HST.

"Seluruh aktivitas dalam pramuka seperti nilai ketuhanan yang menjadi pondasi awal karakter, semangat gotong royong, tenggang rasa, toleransi dan kreativitas sangat sejalan dengan profil pelajar Pancasila dan hal ini tentunya akan berdampak terhadap perkembangan generasi di Hulu Sungai Tengah," jelasnya.

Pelaksanaan Persami jenjang SD ini kata Anhar, dilaksanakan Dinas Pendidikan menjadi kegiatan yang pertama dilaksanakan secara serentak di HST.

“Pelaksanaan Persami kali ini sangat berbeda, kami melaksanakan secara serentak di 11 Kecamatan dengan memusatkan kegiatan di Sekolah Menengah Pertama yang ada di masing-masing Kecamatan,” tutupnya.

Berkenaan dengan itu, salah satu pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) HST, Hendri Murpianto menyampaikan bahwa pihaknya beserta para senior Pramuka di HST sangat mengapresiasi Disdik HST yang berhasil melaksanakan kegiatan Persami secara serentak.

"Semoga dengan kegiatan ini menjadi tanda bangkitnya semangat gotong royong dan pendidikan karakter melalui pramuka di bumi murakata," ucapnya.