Launching Film

Dilan Gandeng Pacar Baru Oktober Nanti? Jawabannya di "Ancika 1995"

Sekuel film Dilan hadir dengan tajuk berbeda, yakni 'Ancika 1995'. Garapan teranyar ini diangat dari rangakaian novel karya Pidi Baiq.

Produser, Sutradara dan para pemeran film Ancika 1995 saat Konferensi Pers di Hotel di wilayah Kemang, Jakarta Selatan. Foto: apahabar.com/Rafi

apahabar.com, JAKARTA - Sekuel film Dilan hadir dengan tajuk berbeda, yakni 'Ancika 1995'. Garapan teranyar ini diangkat dari rangakaian novel karya Pidi Baiq, yang menyuguhkan perjalanan cinta Dilan usai putus dari Milea.

Mengusung karakter Dilan yang lebih fresh dengan bangunan cerita cinta terbaru disertai dialog khas, menjadikan formulasi demikian jadi modal besar film ini akan menggemparkan bioskop Tanah Air pada Oktober 2023.

Optimisme tersebut disampaikan oleh Budi Ismanto selaku produser. Dijelaskannya bahwa Film Ancika 1995 semula hendak digarap sebelum tahun 2020, karena pandemi membuat pengerjaan film ini tertunda.

Produser Film Ancika 1995, Budi Ismanto saat Konferensi Pers di Hotel di wilayah Kemang, Jakarta Selatan. Foto: apahabar.com/Rafi

“Awalnya film ini mau digarap sebelum tahun 2020, karena pandemi terpaksa ditunda. Kemudian baru kita mulai lagi di bulan November 2022,' terang Budi pada awak media, Jumat (31/3).

Selain itu, Budi mengaku banyak kesulitan yang dihadapi saat membuat film Ancika 1995. Kesulitan yang dihadapi yaitu mengadaptasi novel karya Pidi Baiq menjadi sebuah film dan skenario.

“Sulit, ada beberapa hal yang sifatnya menjaga roh dari novel itu sendiri. Seperti karakter Dilan, karakter  Ancika seperti apa dan dengan kebutuhan sinematografinya,” bebernya.

Budi mengaku perlu siasat khsusus dalam mencari pemeran film Ancika 1995, karena dirinya ingin film yang berbeda dari sekuel Dilan terdahulu. Disadarinya bila mendapatkan pemeran yang sesuai itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

“Yang sulit adalah menemukan karakter Dilan versi dewasa serta pemeran Ancika yang istimewa. Itu jadi tantangan tersendiri. Sebab film menggunakan pemain baru dan tidak menggunakan Iqbal Ramadhan sebagai Dilan," ungkapnya.

Budi yakin dengan pemeran yang baru, justru akan membawa Film Ancika 1995 menjadi lebih segar dan diterima oleh masyarakat, karena mengusung hal baru dari seri film Dilan sebelumnya.