Kongres Luar Biasa PSSI

Diduga Jumlah Suara Hilang, Pemilihan Waketum PSSI Diulang!

Kongres Luas Biasa (KLB) PSSI memastikan melakukan pemilihan ulang wakil ketua, karena protes sejumlah pihak.

Suasana Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI. (Foto: apahabar.com/farhan)

apahabar.com, JAKARTA - Kongres Luas Biasa (KLB) PSSI memastikan melakukan pemilihan ulang wakil ketua, karena protes sejumlah pihak.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, dan Sekjen PSSI Yunus Nusi dikabarkan sudah terpilih menjadi wakil ketua umum.

Amali mendapatkan perolehan 66 suara, dan Yunus Nusi meraih 63 suara. Sementara Ratu Tisha di posisi ketiga dengan 41 suara.

Keputusan diulangnya pemilihan wakil ketua ini terjadi karena sejumlah pemegang suara melakukan protes. Mereka menganggap jumlah suara untuk calon wakil ketua Ratu Tisha tidak sesuai.

Baca Juga: Zainudin Amali dan Yunus Nusi Terpilih Jadi Waketum PSSI 2023-2027

Hal itu juga diungkapkan oleh salah satu pemegang suara (voters) Togar Simanjuntak. Direktur Keuangan Persiba Balikpapan tersebut membenarkan ada beberapa jumlah suara yang hilang terhadap para calon wakil ketua.

“Sementara banyak yang nulis Ratu Tisha hilang, ada yang nulis nama Syauqi hilang, ada yang nulis Riyad hilang, sehingga teman-teman [voters] usul ganti KP. Tapi mantan ketum Pak Ibul kasih solusi hitung ulang,” ujar Togar Simanjuntak. 

Dengan keputusan pengulangan penghitungan suara tersebut, maka Zainudin Amali dan Yunus Nusi batal menjadi wakil ketua umum PSSI terpilih.

Amali dan Yunus Nusi akan kembali bersaing dengan Ratu Tisha, serta total 15 calon wakil ketua lainnya untuk berebut sebagai pendampil ketua umum PSSI terpilih, Erick Thohir.

Pemilihan calon wakil ketua PSSI dilangsungkan secara tertutup di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2).