Dicopot Era Anies, Uus Kuswanto Bakal Jabat Wali Kota Jakarta Barat Lagi

Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah DKI Jakarta Uus Kuswanto menjalani fit and proper test sebagai calon Wali Kota Administrasi Jakarta Barat

Uus Kuswanto (kedua kiri) bersama pimpinan DPRD DKI. Foto/Ist

apahabar.com, JAKARTA - Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah DKI Jakarta Uus Kuswanto menjalani fit and proper test sebagai calon Wali Kota Administrasi Jakarta Barat di Gedung DPRD DKI, Senin (20/3). Dia diproyeksikan menggantikan Yani Wahyu Purwoko.

Fit and proper test tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi beserta Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani dan Khoirudin.

"Saya ke sini melaksanakan undangan dari DPRD untuk memenuhi salah satu persyaratan untuk menjadi wali kota," kata Uus usai menjalani fit and proper test.

Baca Juga: Lantik Garpu di Bekasi, Anies Harap UMKM Bikin Sejahtera Banyak Keluarga

Uus mengklaim para anggota dewan puas dengan paparan yang diberikannya. Ia menjelaskan bahwa program kerja yang akan dilaksanakan ketika terpilih sesuai dengan kegiatan strategis daerah (KSD). Di mana untuk kota administrasi Jakarta Barat akan fokus pada pada penanganan banjir, kemacetan, stunting, dan kebakaran.

"Alhamdulilah dari pimpinan dan anggota dewan setuju," ujarnya

Meskipun lolos tes, ia belum mengetahui kapan dirinya dilantik. Namun, surat rekomendasi dari Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono sudah diterbitkan tanggal 16 Maret.

Baca Juga: Pj Heru Cek Penataan Jaringan Utilitas, Ada yang Tak Sesuai Spek!

Sementara itu, Pj Heru tidak banyak komentar terkait penunjukan Uus Kuswanto sebagai calon Wali Kota Jakarta Barat yang menggantikan Yani Wahyu Purwoko.

"Emang kenapa? Tanya sama Pak Sekda. Biasa itu, rutin," kata Herudi Balai Kota, Senin (20/3).

Uus sebelumnya pernah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Barat pada 2020 lalu. ia dilantik oleh Gubernur Anies Baswedan sebagai Wali Kota Jakarta Barat pada 4 September 2020.

Pada 21 Oktober 2021, Uus dimutasi Anies menjadi Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda DKI Jakarta. Posisinya pun digantikan Yani Wahyu Purwoko yang masih menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Barat hingga saat ini.