DPRD Barut

Dewan Barut: Objek Wisata Perlu Pengawasan Lebih Intens

apahabar.com, MUARA TEWEH – Anggota DPRD Barito Utara (Barut), Kalteng, Jamilah meminta Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda…

Air terjun Jantur Doyan di Kabupaten Barito Utara, Kalteng. Foto: Borneonews.com

apahabar.com, MUARA TEWEH – Anggota DPRD Barito Utara (Barut), Kalteng, Jamilah meminta Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat untuk lebih intens melakukan pengawasan terhadap sejumlah objek wisata di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

“Objek wisata di daerah ini perlu pengawasan lebih intens dari dinas terkait, karena di lokasi banyak bangunan liar,” kata Jamilah, Sabtu (13/2).

Politisi PKS ini mencontohkan, seperti di objek wisata DAM Trahean, Kecamatan Teweh Selatan. Di lokasi itu, katanya, banyak bangunan liar yang seharusnya tidak diperbolehkan karena itu tanah milik pemerintah daerah.

Kemudian, lanjut Jamilah, banyak objek wisata yang masih perlu penataan dan pengelolaan, seperti Bumi Perkemahan, DAM Trahean, Air Terjun Jantur Doyan serta lainnya.

“Sejumlah objek wisata perlu dilakukan penataan lagi, sehingga diharapkan akan menambah minat pengunjung datang berwisata ke sana,” ujarnya.

Selain itu, Jamilah juga mengatakan pelestarian budaya daerah dan pengelolaan benda benda serta situs bersejarah perlu dimaksimalkan.

Hal itu, menurutnya jika dikelola dengan baik, maka bisa mengundang kedatangan wisatawan.

“Pengawasan dan pengelolaan secara benar objek wisata dan situs bersejarah agar hal itu dapat bisa berguna bagi masyarakat Barito Utara,” ujarnya.

Dalam hal ini, tandas Jamilah, sangat penting peranan pemerintah daerah melalui dinas terkait agar sumber daya alam yang sudah dianugerahkan Tuhan bisa bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomis bagi masyarakat.

Anggota DRPD Barut, Jamilah. Foto: Istimewa