Kalsel

Detik-Detik Proklamasi RI di Tabalong, Pengguna Jalan Berhenti Sejenak

apahabar.com, TANJUNG – Sejumlah polisi tampak berjaga di simpang jalan utama Kabupaten Tabalong jelang detik-detik Proklamasi…

Sejumlah pengguna jalan di Tabalong berhenti dan berdiri di samping kendaraannya untuk memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI. Foto – apahabar.com/Ahc26.

apahabar.com, TANJUNG – Sejumlah polisi tampak berjaga di simpang jalan utama Kabupaten Tabalong jelang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin (17/8) pagi.

Pantauan apahabar.com, selain petugas dari kepolisian, juga ada beberapa petugas Polisi Militer (PM) TNI AD.

Menginjak pukul 11.17, para pengguna jalan berhenti dan turun dari kendaraannya untuk memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dengan sikap sempurna; berdiri tegak.

Salah seorang pengendara, Hendri, memilih berhenti dan berdiri untuk memperingati Proklamasi Kemerdekaan RI.

Ia pun bergabung dengan pengendara lainnya yang sama-sama berdiri di samping kendaraan masing-masing, di Jalan Kompleks Pendopo Bersinar, Pembataan itu.

“Melihat banyak pengendara yang berhenti saya pun langsung berhenti, saya sadar para pejuang dengan susahnya memperjuangkan kemerdekaan, masa kita tidak mau sebentar saja menghentikan kegiatan dan berdiri tegak,” ucap Hendri.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Tabalong Iptu Narendra Rian Agusta, membenarkan pihaknya melakukan pemberhentian di tepi jalan.

Tujuannya untuk mengajak para pengguna jalan di daerah ini memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

“Selain memperingati, kita juga menghormati jasa-jasa pahlawan pejuang kemerdekaan yang gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

“Saat waktu menunjukkan 11.17 WITA atau 10.17 WIB, kami bersama pengguna jalan memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan, dengan membunyikan sireni dari kendaraan dinas kami,” sambungnya.

Editor: Fariz Fadhillah