Tak Berkategori

Deteksi Dini dan Aksi, Cara Polres Tala Antisipasi Gangguan Natal

apahabar.com, PELAIHARI – Menjelang natal dan tahun baru, Kapolres Tanah Laut AKBP Cuncun Kurniadi mulai bergerak…

Kapolres Tanah Laut AKBP Cuncun Kurniadi meninjau Posko Operasi Lilin Intan di Simpang 3 Bentok Kecamatan Bati–Bati dan Jembatan Sei Bamban Desa Ambungan, Selasa siang. Foto-apahabar.com/Chandra

apahabar.com, PELAIHARI – Menjelang natal dan tahun baru, Kapolres Tanah Laut AKBP Cuncun Kurniadi mulai bergerak melakukan antisipasi.

Siang tadi, Cuncun meninjau Posko Operasi Lilin Intan di Simpang 3 Bentok Kecamatan Bati-Bati dan Jembatan Sei Bamban Desa Ambungan, Selasa (24/12).

Operasi Lilin Intan 2019 merupakan operasi Kepolisian terpusat yang dilaksanakan selama 10 hari. Dimulai dari 23 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020.

“Fokus pengamanan ada pada beberapa titik, seperti gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun dan bandara," kata perwira berpangkat dua melati itu di sela tinjauan kepada apahabar.com.

Dalam Operasi Lilin Intan, Polri akan melibatkan 253 personel gabungan dari TNI, dan Instansi lainnya.

Strategi yang diterapkan mengedepankan tindakan preventif, berupa deteksi dini dan deteksi aksi. Serta penegakan hukum secara tegas dan personal.

Kepada petugas, Cuncun berpesan agar menjaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan, dan hadir sesuai ploting serta paham terhadap tugas dan tanggung jawabnya.

"Berikan pelayanan terbaik, serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan, mantapkan kerja sama, sinergi dan solidaritas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi," ujarnya.

Kepada masyarakat, Cuncun mengimbau agar menghindari hal-hal yang dapat memancing dan memicu terjadinya tindak kejahatan.

"Usahakan jangan menggunakan pakaian dan perhiasan yang terlalu mencolok, yang bisa menimbulkan niat jahat dari orang lain," imbau Cuncun.

Usai tinjau Posko Lilin Intan di Simpang 3 Bentok Bati-Bati, Cuncung beserta rombongan meninjau lokasi jembatan Sei Bamban di Desa Ambungan.

Jembatan Sei Bamban sendiri baru saja selesai dibangun kontraktor selama 240 hari.

Saat in jembatan penghubung antarkabupaten dan provinsi itu sudah bisa dialui roda 4 dan 2 dan tidak lagi terjadi kemacetan seperti biasa dirasakan.

Walaupun kondisi lalulintas sudah berangsur normal, namun pihak Satlantas Polres Tanah Laut akan tetap disiagakan.

"Kita tetap akan siagakan beberapa personel di jembatan Sei Bamban," jelas Cuncun.

Baca Juga: Sambangi Korban Kebakaran Pekapuran Laut Banjarmasin, Cuncung Prihatin

Baca Juga: Respons Cuncung Saat Didorong Maju di Pilkada Tanah Bumbu

Reporter: Ahc14
Editor: Fariz Fadhillah